Segera Besut Timnas, Shin Tae-yong Garap Senior Hingga U-20

Jakarta, Akuratnews.com - Tinggal selangkah lagi pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia.

Menurut Shin, ia diminta menangani Timnas senior, Timnas U-22, dan Timnas U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021, dimana Indonesia menjadi tuan rumah.

Seperti dikutip dari donga.com, Shin Tae-yong telah resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia, dan akan datang ke Indonesia pada 26 Desember untuk menandatangani kontrak.

Rencananya, Shin akan diperkenalkan secara resmi seusai Kongres PSSI pada 25 Januari 2020 mendatang.

"Kami akan berangkat ke Indonesia pada tanggal 26 dan menandatangani kontrak dengan Asosiasi Sepak Bola Indonesia. Saya sudah sering bertemu dengan asosiasi sepakbola Indonesia, dan negosiasi persyaratan hampir berakhir dan situasinya tidak akan berubah," ujar Shin.

Mantan pelatih Timnas Korea yang membawa finish di peringkat 3 klasemen Grup F di atas Jerman, dan di bawah Swedia dan Meksiko pada Piala Dunia 2018 di Rusia, mengaku telah diminta PSSI untuk memperbaiki keseluruhan struktur sepakbola Indonesia.

"Saya ingin membesarkan pemain muda dengan cukup baik untuk Piala Dunia U-20 2021 yang akan diadakan di Indonesia," ujar pelatih 49 tahun ini.

Menurut donga.com, PSSI memberikan nilai tinggi dan mengapresiasi atas pengalaman dan kepemimpinan Shin Tae-yong yang pernah menangani berbagai tim di Korea Selatan, seperti Timnas senior (1992–1997), Tim Olimpiade U-23 Korea Selatan (1991–1992), dan Piala Dunia U-20 Korea Selatan (1988).

Pengangkatan Shin sebagai pelatih timnas Indonesia membuat menarik pada konfrontasinya dengan sesama Korea, Park Hang-seo yang menjadi pelatih timnas Vietnam. Indonesia dan Vietnam adalah bagian dari Grup G kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2022 Qatar.

Saat ini Vietnam menempati peringkat pertama dengan poin 11, hasil 3 kali menang dan 2 kali seri. Sedangkan Indonesia menjadi juru kunci (0 poin dari lima laga). Vietnam dan Indonesia akan bertemu 4 Juni 2020.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga