Sah Jadi Napi, Joko Tjandra Masuk Rutan Salemba

Jakarta, Akuratnews.com - Mabes Polri resmi menyerahkan buronan hak tagih (Cessie) Bank Bali, Joko Tjandra ke Kejaksaan Agung (Kejagung).

Serah terima tersebut dilakukan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Jumat (31/7) malam. Untuk sementara Djoko Tjandra akan ditempatkan di Rutan Cabang Salemba Mabes Polri.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Ali Mukartono mengatakan, setelah proses penyerahan status Djoko Tjandra kini telah resmi menjadi warga binaan atau narapidana (napi).

"Dengan eksekusi ini maka berubahlah status yang bersangkutan, terpidana nanti menjadi warga binaan, yang menjadi tanggung jawab Ditjen Lapas," kata Ali.

Di tempat yang sama, Kabareskrim, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, ditempatkannya Joko Chandra di Rutan Mabes Polri sekaligus untuk mempermudah pemeriksaan dan penyidikan.

"Ini tentu juga mempermudah Bareskrim Mabes Polri untuk melakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut kepada Joko Tjandra," terang Listyo.

Listyo juga menyampaikan, penempatan Joko Tjandra di rutan Bareskrim hanya bersifat sementara.

"Nantinya akan dikembalikan ke Rutan Salemba ketika proses penyelidikan telah selesai," ujar Listyo lagi.

Ditambahkan Dirjen Pemasyarakatan (PAS) Kemenkumham, Reynhard Silitonga, dengan diserahkanya Joko Tjandra, saat ini yang bersangkutan statusnya sudah sebagai terpidana atau warga binaan yang menjadi tanggung jawab dari Ditjen PAS.

"Mulai malam ini yang bersangkutan, saudara Joko Tjandra menjadi narapidana dan sekaligus warga bina Lembaga Pemasyarakatan" Kata Reynhard.

Seperti diketahui, Joko ditangkap dan dipulangkan dari Malaysia pada Kamis (30/7) malam.

Penulis: Suroso
Editor:Redaksi

Baca Juga