Konflik Timur Tengah

Respon Iran, AS Kirim Rudal Patriot dan Kapal Perang USS Arlington

USS Arlington yang mengangkut sistem pertahanan Rudal Patriot AS. (Foto: Istimewa).

Washington, Akuratnews.com - Hubungan Iran dan Amerika Serikat (AS) kian memanas dalam satu bulan terakhir. Iran dikabarkan terus meningkatkan kesiagaan militernya dengan rudal taktis yang mereka miliki. Kesiagaan itu adalah jawaban atas kerasnya sikap AS kepada pemerintah Teheran.

Merespon kesiapan Iran, Pemerintah AS dalam sebuah pernyataan telah menyetujui pengerahan perangkat keras militer yang akan dikirim ke kawasan Timur Tengah untuk bergabung dengan konvoi kapal Induk USS Abraham Lincoln di Terusan Suez Mesir.

Eskalasi perangkat keras militer itu meliputi sistem pertahanan Rudal patriot dan Kapal Perang USS Arlington yang mengangkut marinir, kendaraan amfibi, dan jet tempur kebanggaan AS. Nantinya, baik USS Arlington maupun konvoi kapal induk Abraham Lincoln dijadwalkan untuk bertemu dalam satu titik dalam pelayaran menuju Laut Merah.

Diketahui, sistem pertahanan Rudal Patriot kebanggaan AS adalah mekanisme taktis menghadapi pesawat, drone, rudal jelajah dan rudal balistik.

Rudal itu dikerahkan ke berbagai pangkalan militer AS di Timur Tengah seperti di Bahrain, Yordania, Kuwait, Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA) termasuk Pembom B-52 yang diberangkatkan pada awal pekan ini.

Al Jazeera melansir, Pentagon menerangkan, Pejabat Sekretaris pertahanan AS telah menyetujui eskalasi Kapal Perang USS Arlington yang membawa baterai Patriot untuk dikirim ke Komando Sentral AS (CENTCOM) sebagai bagian dari permintaan awal pasukan.

Namun begitu, sebuah pernyataan Pentagon menegaskan, eskalasi militer AS bukan dimaksudkan untuk mencari konflik dengan Iran, namun disiapkan untuk melindungi pasukan dan kepentingan AS di Kawasan tersebut.

Penulis:

Baca Juga