Konflik Semenanjung Korea

Respon Militer AS dan Korsel, Kim Jong un Tembakan Dua Rudal ke Laut Jepang

Semua jenis Rudal milik Korea Utara. (Foto dok. BBC).

Pyongyang, Akuratnews.com - Korea Utara makin keras merespon latihan gabungan Amerika Serikat (AS)- Korea Selatan dengan terus melakukan peluncuran rudal balistik sebagai peringatan kepada dua rival beratnya tersebut.

Rudal jarak pendek itu ditembakan ke laut Jepang, hari jni Jumat (16/8/2019), dan diidentifikasi sebagai senjata baru Kim Jong un dalam beberapa pekan terakhir.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan memantau, rudal itu ditembakkan dari lokasi peluncuran di dekat Kota Tongchon, Provinsi Kangwon.

AFP melaporkan, militer Korea Selatan terus memantau situasi jika ada peluncuran tambahan sambil mempertahankan postur kesiapan. Peluncuran juga disebut sebagai respon Korut atas pertemuan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper dengan rekannya dari Korea Selatan di Seoul, pada hari Sabtu.

Buntunya perundingan denuklirisasi meyulut Pyongyang melakukan beberapa uji coba rudal terbaru guna mencegah aktivitas militer gabungan AS, Korea dan Jepang. Kondisi ini turut memanaskan geopolitik di Semenanjung Korea pasca pertemuan Donald Trump dengan Kim Jong un di Zona Demiliterisasi 2018 lalu. *

Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi

Baca Juga