Pemilu 2019

Respon Relawan Selendang Putih Nusantara Atas Deklarasi Kemenangan Prabowo

Wakil Ketua Umum, Reza Pahlevi (Kanan) Foto: Akuratnews.com

Jakarta, Akuratnews.com - Beberapa jam setelah pemilihan, di tengah survei yang memenangkan Capres Petahana Kubu 01, Capres Prabowo Subinto langsung mendeklarasikan kemenangannya. Ia menyatakan, kemenangan yang diperoleh dengan angka 60 persen dari 40 persen total suara di TPS. Tentu berbanding terbalik dengan hasil beberapa lembaga Survei yang justru memenangkan paslon 01.

Apa Respon Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN), organ relawan yang dulu dikenal pendukung Mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo?

Wakil Ketua Umum, Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN), Reza Pahlevi mengatakan, hasil beberapa lembaga Qiuck Count menempatkan Jokowi sebagai pemenang hanya merupakan indikasi kemenangan Jokowi. Namun, hasil Real Count yang diumumkankanlah yang harus ditunggu untuk menentukan siapa pemenang sesungguhnya.

Baca Juga: Relawan Selendang Putih Nusantara Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

"Siapapun pemenangnya, sesungguhnya kemenangan seluruh rakyat Indonesia dan semoga ketegangan yang ada selama ini bisa cair, semua (rakyat Indonesia) harus mendukung presiden yang memenangkan pilpres." ujar Reza ketika dihubungi redaksi Akuratnews.com, Rabu (17/4/2019).

"Saya pikir masing-masing pihak punya teknis dan cara untuk memperkirakan kemengannya. Tapi tetap saja kita tunggu hasil perhitungan real count yang segera akan diumumkan," Tambahnya.

Kendati demikian, Reza mengimbau kepada seluruh Relawan Selendang Putih Nusantara yang tergabung kepada pendukung 02 diminta tetap menjaga dan mengawal hasil pemungutan suara di TPS hingga selesai dan tuntas.

Saat ditanyakan apakah klaim menang kubu Prabowo-Sandiaga itu logis atau benar?

Justru Reza mengimbau kepada kedua pasangan Calon Presiden untuk tidak perlu mengklaim kemenangan, sebab Reza khawatir klaim terlalu dini dapat menyebabkan rakyat menjadi bingung.

"Sebaiknya masing-masing pihak tidak perlu mengklaim kemenangannya karena hanya akan membingungkan masyarakat. Tetap sebaiknya menahan diri untuk saling klaim," imbau Reza.

Demikian juga dengan klaim kemenangan Kubu 02 di provinsi Jawa Barat, menurut Reza, untuk klaim di Jawa Barat RSPN tidak terlalu mempersoalkan sepanjang memang dapat dibuktikan, dapat dikomunikasikan dengan lebih baik. Tetapi saat ini pengawalan suara di TPS menjadi yang utama.

Baca Juga: Jenderal Gatot Nurmantyo Dukung Prabowo, Apa Respon Relawan Selendang Putih Nusantara?

RSPN menurut Reza, tetap menyarankan kedua Paslon tidak saling klaim. Reza khawatir akan memicu perpecahan, sebab Reza melihat ada banyak faktor anak bangsa menjadi terkotak-kotak.

"Intinya saling klaim dapat memicu perpecahan anak bangsa yang sudah nampak terkotak-kotak karena banyak faktor." Tandasnya.

Diketahui, RSPN adalah salah organ relawan yang semula mendukung Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menjadi Bakal Calon Presiden pada 2018 lalu, namun, karena Jenderal Gatot tidak menjadi kontestan pemilu 2019, maka gerbong RSPN berlabuh ke Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Penulis: Ahyar
Editor: Hugeng Widodo
Photographer: Akuratnews.com

Baca Juga