oleh

Ribuan Peserta Massa Pendukung Hadiri Deklarasi Kampanye Damai

Jakarta, Akuratnews.com¬†–¬†Ribuan peserta masa pendukung dua pasangan capres-cawapres yang akan berlaga pada Pilpres 2019 berkumpul di pertengahan Silang Barat Daya dan Laut Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018) pagi.

Sejak pukul 08.00 WIB massa dengan berbagai macam atribut kampanye partai politik dan paslon yang diusung memadati kawasan Monas, untuk mengikuti Deklarasi Kampanye Damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU). Deklarasi itu sekaligus menandai dimulainya masa kampanye Pileg dan Pilpres 2019.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, dengan pencanangan deklarasi damai, seluruh tim pemenangan dan relawan sudah dapat melaksanakan kampanye dengan tetap mengikuti aturan dan UU yang berlaku.

“Semoga ini dapat menjadi virus damai yang terus disebarkan, sehingga seluruh proses pemilu berjalan aman, damai, dan tertib, tidak hanya di seluruh daerah di Indonesia, juga yang di luar negeri,” ujar Arief.

Dia mengungkapkan, sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019 merupakan masa kampanye resmi yang dijadwalkan oleh KPU.

“Saya mengingatkan kepada peserta pemilu, laporan awal dana kampanye sudah harus disampaikan kepada KPU. Dana-dana yang masuk sudah dibukukan sampai kemarin, terakhir laporannya di terima hari ini sampai pukul 18.00 WIB. Selanjutnya akan ada laporan keuangan kampanye di pertengahan dan masa akhir kampanye,” tambahnya.

Sementara itu, Komisioner KPU, Wahyu Setiawan mengatakan Pemilu 2019 dilaksanakan dengan kesantunan, masyarakat Indonesia menyambut masa kampanye dengan demokratis. (Yud)

Komentar

News Feed