Ridwan Kamil Respons Persoalan Sampah di Depok

Depok, akuratnews.com- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberi respons positif persoalan sampah di Kota Depok. saat berkunjung di Depok, Kamis,(18/7/2019).

Dalam kunjunganya di kantor Pemkot Depok, Ridwan Kamil menyebut soal sampah ini sifatnya emergency. Dalam waktu dekat Depok bisa membuang sampah ke Tempat Pembuangan dan Pemprosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Lulut-Nambo.

"Dalam waktu dekat atau tahun ini sudah bisa, sebab permasalahan sampah di Depok emergency. Buang sampah dari Depok ke Nambo sudah ada izin dari saya", katanya.

Karena lokasinya ada di Bogor, lanjut Ridwan, jadi teknisnya harus ketok pintu dulu ke Bupati Bogor Ade Yasin.

"Intinya dalam bulan ini teknisnya sudah aman dan bisa di buang ke TPPAS Regional Lulut- Nambo tergantung teknisnya, pengolahan pembuangan sampah ini ini sifatnya emergency bisa dibuang ke sana," jelas kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Data Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan (DLHK) Depok mencatat, jumlah timbulan sampah di Depok, kini mencapai 1350 ton per hari. Jumlah itu belum termasuk sampah yang ada dipelosok Depok.

Masih minimnya jumlah armada truk sampah, unit Pengelolaan Sampah (UPS) yang ada jadi penyebab tidak semua sampah bisa tertangani hingga pelosok Depok.

"Jumlah armada truk sampah hanya ada 112 unit dengan kondisi mobil kurang sehat lantaran mobil keluaran tahun lama. Untuk bisa menjangkau sampah tiap TPS sampai ke pelosok wilayah, idealnya 250 unit truk" ucap Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan DLHK Kota Depok, Iyay Gumilar.

Sementara, lanjutnya, penanganan sampah dari 1350 ton, sekitar lebih dari 900 ton sampah diantaranya masuk di TPA. Sebanyak 90 ton masuk UPS dan 120 ton sampah diolah di bank sampah.

Terkait dengan TPPAS Regional Lulut- Nambo, Iyay mengatakan nantinya jumlah sampah yang dibuang dari Depok sebanyak 500-700 ton per hari.

Penulis: Eko Ahdayanto
Editor: Redaksi

Baca Juga