Mau Lihat Kartun Islami Berbasis Science? Simak ‘Riko The Series’

Jakarta, Akuratnews.com - Web series animasi
'Riko The Series' resmi diluncurkan. Adalah pesinetron Teuku Wisnu, presenter sekaligus aktor Arie Untung dan sahabat mereka, Yuda Wirafianto yang menggawangi web series ini.

Lewat serial ini, Wisnu, Ari dan kawan-kawan ingin menyuguhkan tayangan edukatif, menghibur, serta sains yang Islami bagi generasi muda saat ini.

Wisnu selaku Executive Producer mengaku ketertarikannya menghadirkan serial animasi Riko lantaran semakin sedikit tayangan yang cocok bagi anak.

Ia prihatin melihat fenomena anak yang kecanduan gadgetsehingga melupakan kehidupan sosial di sekitar mereka.

"Saya semakin concerndengan tayangan anak semenjak punya anak. Serial animasi Riko semoga bisa menghentikan anak main gadget. Sebelumnya sudah ada 'Nusa' yang memberikan tayangan inspiratif," ujar Wisnu di Jakarta, Minggu (10/2).

Ditambahkan Arie selaku Produser, sebenarnya banyak serial animasi atau kartun Indonesia, namun jarang hadir dengan nilai kearifan lokal.

"Makanya, serial animasi ini hadir dengan memasukan unsur ilmu pengetahuan dan agama. Semoga berkontribusi bagi calon pemimpin bangsa dan dapat meningkatkan keingintahuan anak-anak tentang ilmu pengetahuan dan agama," ujar Arie.

Sejauh ini web series ini sudah produksi  sembilan episode dan tiga episodenya sudah siap tayang dengan durasi 4-6 menit.

Dalam satu episodenya, story development-nya dilakukan lebih dari tiga bulan dengan dibantu mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk sains dan berkonsultasi dengan beberapa ustadz terkait persoalan agama demi menghasilkan tayangan yang pas untuk anak-anak.

Riko sendiri dikisahkan sebagai anak yang enerjik, ceria dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Rasa ingin tahu Riko membuatnya selalu bertanya-tanya dan senang bereksperimen terhadap hal-hal baru yang ada di sekelilingnya.

Sifat-sifat Riko itu diharapkan dapat menginspirasi dan menumbuhkan rasa ingin tahu serta daya ekplorasi anak antara 4 sampai 15 tahun.

Dalam kesehariannya Riko akan ditemani Q110, yaitu robot yang selalu dapat menjawab rasa ingin tahu Riko berdasarkan petunjuk Al Quran.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga