Ringankan Beban Masyarakat Terdampak Covid-19, PDUI Gandeng Warteg

AKURATNEWS - Guna meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dan bentuk kepedulian sosial di Semarang, Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) bersama Le Minerale menggelar bakti sosial (baksos) 'Makan Siang Sehat dan Murah'.

Masyarakat cukup membayar Rp2.000 untuk membeli makanan bergizi, mendapatkan air mineral Le Minerale dan vitamin di ajang yang digelar di lima titik di Semarang ini pada 13 November 2021 lalu.

PDUI juga bekerjasama dengan warung tegal (warteg) untuk menyajikan makanan yang terjamin kebersihan serta gizinya. Untuk menjaga kebersihan makanan, tim dari PDUI memilih warteg dengan standar khusus. Beberapa standar yang harus dipenuhi antara lain tempat makan yang terjamin atau higienis, kebersihan dapur, mencuci piring dari sumber air yang mengalir.

“PDUI memiliki visi dan misi di bidang sosial dan kesehatan, senantiasa berupaya menjalankan program dan kegiatan terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan Semarang pada khususnya. Kegiatan bakti sosial dengan memberikan makan siang sehat dan murah ini membantu masyarakat yang kurang mampu, kena PHK, atau yang terpaksa mengalami kerugian saat pandemi agar mereka tetap menjaga kesehatan. Di satu sisi, kegiatan bakti sosial ini juga membantu peningkatan ekonomi warteg-warteg di Semarang untuk pulih,” ujar Ketua Umum PDUI, Dr. Abraham Andi Padlan Patarai, MKes.

Melalui ajang ini, PDUI juga turut mengedukasi masyarakat bahwa selain mengkonsumsi makanan yang penuh gizi, untuk hidup sehat juga dapat dilakukan dengan mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dimulai dengan rutin minum air mineral yang memiliki kualitas tinggi, mengingat bahwa mineral merupakan zat gizi mikro yang berperan penting dalam organ tubuh.

“Baksos ini juga sebagai bentuk pengabdian kami pada masyarakat Semarang. Ke depannya, kami akan menyelenggarakan kegiatan bakti sosial serupa di kota-kota besar lainnya,” tutup dr. Abraham.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga