RSUD Sinjai Siapkan Layanan Unggulan

Direktur RSUD Sinjai, dr. Kahar Anies, Sp.B. /Ashari/AKURATNEWS
Direktur RSUD Sinjai, dr. Kahar Anies, Sp.B. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Langkah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan terus berupaya memberikan layanan terbaik, termasuk inovasi dan pengembangan agar dapat memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat Sinjai.

Diantara program layanan yang terus digenjot atau dipersiapkan pihak RSUD Sinjai untuk menjadi layanan unggulan adalah pelayanan mata.

Dimana nantinya, pelayanan mata menjadi program layanan unggulan dalam jangka 5 tahun, dimulai persiapan sumber daya manusia, pemenuhan alat, dan bangunan atau infrastruktur.

Direktur RSUD Sinjai, dr. Kahar Anies mengaku bahwa saat ini tengah mempersiapkan pelayanan mata menjadi program unggulan, dengan targetkan pada tahun 2025 atau lebih cepat.

"Hingga saat ini, persentase pemenuhan SDM mencapai 40 persen, pemenuhan alat 25 persen, dan bangunan 65 persen. Diupayakan pemenuhan ini meningkat secara bertahap," ungkapnya.

Pelayanan mata yang menjadi rencana layanan unggulan kata dokter bedah ini, merupakan bentuk kesinambungan dan tindak lanjut dari hasil Feasibility Study (Study Kelayakan Bisnis), yang dilakukan oleh pihak akademisi dari Unhas dalam rangka peningkatan kelas atau pengembangan pelayanan RSUD Sinjai pada tahun 2019.

"Tentunya hal tersebut sudah melalui berbagai kajian dan analisis, baik eksternal maupun internal. Dari data kunjungan 5 tahun terakhir pada saat pelaksanaan kajian tahun 2019, maka penyakit mata (katarak) masuk 10 besar jumlah kunjungan dan bahkan tertinggi pada tahun 2017 & 2018. Dan sampai pada tahun 2020 jumlah kunjungan melebihi dari proyeksi," bebernya.

Kedepan, pihaknya akan mencoba melakukan kajian, termasuk layanan yang lainnya apa yang akan menjadi rencana pengembangan berikut.

Penulis: Ashari

Baca Juga