Rully Akbar: Jokowi Ter’upgrade’ Karena Ma’ruf Amin

Jakarta, Akuratnews.com - Unggulnya Joko Widodo (Jokowi) dan pasangan di kalangan pemilih muslim, diduga akibat terpilihnya KH. Ma'ruf Amin sebagai calon Wakil Presiden (Cawapres) Jokowi.

Hal ini diperkuat dengan hasil Lingkaran Survei Indonesia (LSI), dimana salah satu alasan pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul dari Prabowo-Sandi adalah karakter Ma'ruf Amin yang banyak disukai pemilih muslim.

Selain memiliki karakter yang religius, jujur, nasionalis, dan perhatian pada rakyat, Ma'ruf Amin juga dianggap mampu membuat program ekonomi yang menguatkan umat. Berdasarkan survei yang dilakukan LSI, program inilah yang banyak disukai pemilih muslim.

Rully Akbar, Peneliti LSI mengatakan elektabilitas Jokowi di kalangan pemilih muslim saat ini tidak terlepas dari pengaruh Ma'ruf Amin sebagai Cawapresnya.

"Ini kan kita hanya memotret kalangan pemilih muslim. Memang di kalangan muslim secara isu tersendiri, Jokowi memang banyak ter upgrade akibat terpilihnya Ma'ruf Amin sebagai Cawapres," ujarnya saat Konferensi Pers Survei Nasional LSI, di gedung LSI, Jl. Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (24/8/2018).

Sedangkan disisi lain, elektabilitas Prabowo memang cenderung naik, tapi bukan dari pemilih muslim. Prabowo yang sebelumnya digadang-gadang mewakili kalangan Islam, yang mana ada kaitan dengan 212 dan 411 dan memilih berasosiasi dengan muslim justru memilih Sandiaga sebagai Cawapres.

Menurut Rully, ini salah satu penyebab elektabilitas Prabowo dari pemilih muslim berada dibawah Jokowi.

"Sandi memang tidak dianggap mewakili pemilih muslim. Mungkin ada kekecewaan juga dari pemilih muslim, Prabowo tidak memilih Ijtima dan segala macam," kata Rully.

Rully menuturkan, sekalipun Ma'ruf Amin bukan tokoh yang mempunyai basis massa yang kuat seperti tokoh-tokoh lainnya, namun terpilihnya Ma'ruf Amin sebagai Cawapres bisa menjadi faktor tersendiri dalam hal mendongkrak elektabilitas Jokowi di kalangan pemilih muslim yang di gaet lewat Ma'ruf Amin.

"Tergantung bagaimana Ma'ruf Amin ini mengambil hati pemilih muslim dengan baik, dan Jokowi juga sudah melakukan itu sebelum memilih Ma'ruf Amin," ucapnya. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga