Rumah Korban Longsor di Sinjai Pakai Terpal Bekas Akhirnya Dapat Bantuan Bahan Bangunan

Penyerahan bantuan bahan bangunan oleh BPJS Kesehatan Watampone Cabang Sinjai kepada korban tanah longsor di Lingkungan Taipa, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Rumah korban tanah longsor di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan yang menggunakan terpal bekas sebagai pengganti dinding akhirnya dapat bantuan bahan bangunan, Jumat (23/7/2021).

Bantuan bahan bangunan yang berupa batu bata, semen, dan pasir itu datang dari pihak BPJS Kesehatan Watampone Cabang Sinjai.

Kapolsek Sinjai Utara Polres Sinjai, AKP Fredy Nalle yang mendampingi petugas BPJS Kesehatan mengatakan, bantuan bahan bangunan menyasar kepada 2 rumah Kepala Keluarga yang rusak di Lingkungan Taipa, Kelurahan Biringere akibat bencana longsor beberapa pekan lalu.

“Bantuan ini dari BPJS Kesehatan Watampone Cabang Sinjai. Semoga bermanfaat bagi korban agar rumahnya cepat diperbaiki dan tidak menggunakan terpal bekas lagi,” ungkapnya disela-sela penyaluran bantuan.

Fredy juga berharap, agar warga tetap mewaspadai bencana alam akibat cuaca ekstrem yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Selain itu, warga tetap jaga situasi kamtibmas dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Selain Kapolsek, penyerahan bantuan ini turut dihadiri Lurah Biringere Andi Mudzil Djalil, Kepala Lingkungan Taipa Ilyas, dan Bhabinkamtibmas Brigpol Irfan Jaya Abbas.

Sebelumnya, rumah korban tanah longsor di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan tampak masih menggunakan terpal bekas sebagai pengganti dinding. Bahkan salah satu rumah diantaranya masih terbuka tanpa pelindung.

"Belum sempat kami benahi. Kalau ada bantuan material, yah kami syukuri," kata Hasbullah pemilik rumah korban longsor di Lingkungan Taipa, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (13/7/2021).

Mereka mengaku belum memiliki kemampuan untuk segera membenahi rumah setelah diterjang tanah longsor beberapa hari lalu.

Kendati demikian, pasca longsor dan banjir pada Kamis, 8 Juli 2021 lalu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa didampingi para kepala OPD terkait, turun langsung menyerahkan bantuan kebutuhan pokok kepada para korban.

Diketahui, dalam peristiwa ini, ada 200 unit rumah lebih yang telah terendam banjir, dan 3 unit rumah tertimpa tanah longsor.

Rumah-rumah warga yang terendam banjir itu berada di Kelurahan Biringere, Balangnipa, Lappa, dan sebagian di Kelurahan Bongki Kecamatan Sinjai Utara.

Selain itu, juga terdapat di Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur. Meski dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun menimbulkan kerugian material dan kerusakan rumah.

Penulis: Ashari

Baca Juga