RUPSLB BRI Resmi Tunjuk Sunarso Sebagai Wakil Dirut

Bank Republik Indonesia (Istimewa)
Bank Republik Indonesia (Istimewa)

Jakarta, Akuratnews.com - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Rakyat Indonesia (Persro) Tbk (BRI) terasa alot, nama Sunarso resmi kembali mengisi jabatan Wakil Direktur Utama BRI setelah mengisi jabatan sebagai Direktur Utama Pegadaian sebelumnya.

Keputusan RUPSLB BRI berjalan alot pada hari ini (03/01). Agenda rapat yang semula di agendakan selesai pada 14.30 WIB namun baru selesai lewat pukul 17.00 WIB . Bisa jadi, keputusan yang alot tersebut dikarenakan harus berkordinasi dengan intens dengan pihak Kementerian BUMN.

Pada tahun 2019 ini saja, BRI sebagai BUMN sedang was-was menunggu keputusan bongkar pasang dari pihak kementerian BUMN. Sebelumnya pada era Kepemimpinan Joko Widodo - Jusuf Kalla terlihat telah bongkar pasang direksi melalui Kementerian BUMN, apalagi mendekati tahun politik.

Sebut saja Budi Waseso yang mengejutkan menjadi direktur utama Bulog dan I Gusti Ngurah Danadiputra atau yang akrab disapa Ari Askhara diangkat menjadi pucuk pimpinan Garuda Indonesia setelah sebelumnya menjabat sebagai Dirut BUMN lain yakni PT Pelabuhan Indonesian III (Pelindo III).

Untuk BRI kabarnya salah satu komisaris BRI yakni Jeffry Wurangian akan diganti sebab Jeffry telah resmi mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPR-RI Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan.

Juga ada indikasi posisi Wakil Direktur Utama akan kembali hadir pada Bank yang digawangi Suprajarto tersebut. Nama yang santer terdengar Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman Arief akan kembali mengisi posisi Wakil Direktur Utama BRI.

Namun teka-teki tersebut akhirnya terjawab setelah RUPSLB selesai dilaksanakan hari ini. Sunarso yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT BRI (Persero) Tbk sejak 2015 – hingga 2017, kini dipiliha kembali.

Dia juga pernah menjabat sebagai Direktur Commercial & Business Banking PT Bank Mandiri (JK:BMRI) (Persero) Tbk pada 2010 hingga 2015, Executive Vice President, Group Head (GH) Corporate Banking Agro Based di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada 2009 hingga 2010, serta Senior Vice President, Group Head (GH) Plantation Specialist PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada 2007 hingga 2009.

Sementara posisi Komisaris yang ditinggalkan Jeffry Wurangian akan dibiarkan kosong dikarenakan Jeffry telah resmi mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPR-RI Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan.

Dengan keputusan tersebut, berikut Jajaran Direksi dan Komisaris BRI :

Direktur Utama : Suprajarto
Wakil Direktur Utama: Sunarso
Direktur Ritel dan Menengah : Supari
Direktur Mikro dan Kecil : Priyastomo
Direktur Konsumer : Handayani
Direktur Jaringan dan Layanan : Osbal Saragi Rumahorbo
Direktur Keuangan : Haru Koesmahargyo
Direktur IT : Indra Utoyo
Direktur Hubungan Kelembagaan : Sis Apik Wijayanto
Direktur Human Capital : R Sophia Alizsa
Direktur Managemen Resiko : Mohammad Irfan
Direktur Kepatuhan : Achmad Solichin Lutfiyanto.

Sementara pada jajaran Komisaris :

Komisaris Utama : Andrinof A Chaniago
Wakil Komisaris Utama : Gatot Trihargo
Komisaris Independen : A. Fuad Rahmany
Komisaris Independen : A. Sonny Keraf
Komisaris Independen : Rofikoh Rokhim
Komisaris Independen : Mahmud
Komisaris : Nicolaus Teguh Budi Harjanto
Komisaris : Hadiyanto.

Penulis:

Baca Juga