Rusak Berat, Pustu Desa Sainoa Tak Layak Pakai

Morowali, Akuratnews.com - Puskesmas Pembantu (Pustu) yang berada di Desa Sainoa, Kecamatan Bungku Selatan, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah kondisinya rusak dan sudah tidak layak pakai lagi.

Hal ini disampaikan Bidan Desa Sainoa, Agustina, AMd.Keb, Minggu, (15/9)

"Bangunan Pustu ini sudah rusak parah, karena kayunya sudah lapuk. Begitu pula, dinding tembok sudah retak dan atapnya juga sudah mau ambruk. Dikhawatirkan, sewaktu-waktu dapat membahayakan warga saat proses pelayanan kesehatan," tutur Agustina menggambarkan kondisi kerusakan bangunan Pustu Desa Sainoa.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Ia memilih melakukan pelayanan kesehatan di luar gedung Pustu, yakni di jalan desa Sainoa.

"Kerusakan ini sudah berlangsung lama, bahkan saya belum bertugas sudah begini memang kondisinya," ungkapnya.

Kepala Desa Sainoa, Nasrullah, saat dikonfirmasi mengatakan, pemerintah Desa Sainoa sudah berulang kali mengajukan permohonan untuk sekedar perbaikan atau rehab, baik secara tertulis maupun secara lisan pada setiap kesempatan.

"Dan hingga saat ini belum ada tanggapan positif dari pemerintah daerah. Semoga ke depannya bangunan Pustu Sainoa dapat diprioritaskan untuk dimasukkan dalam program pembangunan APBD maupun APBD Perubahan 2019," ucap Nasrullah.

Senada, Kepala Puskesmas Kaleroang, Amir Abdullah, S.Kep menuturkan, dirinya selaku kepala wilayah dalam bidang kesehatan juga sudah mengusulkan hal ini.

"Sampai sekarang belum juga direalisasikan," ungkapnya.

Penulis: Wardi
Editor: Redaksi

Baca Juga