Rusuh Papua Adalah Lahan Bisnis Konflik Elit di Jakarta

Charles Imbir, Deklarator DRP dan Calon Bupati Raja Ampat periode 2020-2025. (Foto dok. Akuratnews.com)

Penulis: Charles Imbir, (*)

Akuratnews.com - Situasi di Wamena Jayapura di Papua dan di Indonesia adalah rebutan lahan bisnis di Papua dan pertarungan pembentukan kabinet baru antara pro RRT dan US di Jakarta, menjadikan Papua lahan yang cocok untuk digarap kerusuhan. Ini konflik elit Jakarta yang dipindahkan ke Papua. Setelah Aceh, Poso, kelompok Teroris dan kelompok FPI agak tenang redup, papua-lah tempat yang cocok dimainkan karena isu Papua merdeka masih tetap hidup selama 57 tahun dalam NKRI.

Tugas kita jangan sampai terjadi konflik horisontal yang akan menghancurkan hubungan-hubungan sosial kemanusiaan kita. Kemanusiaan dan kemanusiaan yang hilang dan dihancurkan oleh skenario elit politik adalah hanya untuk memuluskan kepentingan elit-elit sistem.

Dalam keadaan perang sekalipun hak atas kemanusiaan harus di jaga. Apalagi Papua tidak dalam keadaan perang, tidak dalam keadaan darurat militer, tidak juga dalam keadaan darurat sipil.

Konflik ini hanya untuk melancarkan pebisnis baru elit baru nasional dari pertarungan internasional mereka sendiri, pembentukan borjoasi lokal dan mematikan semua gerak rakyat biasa, bukan hanya terjadi di Papua saja, tapi juga di seluruh indonesia.

Pembakaran lahan gambut dan asap di kalimantan juga akan melahirkan elit dan oligarki baru.

Manusia di babat habis tapi pemodal dan perusahan dijamin kehidupannya. Negara hanya melindungi perusahan-perusahaan dari pada kepentingan rakyatnya yang tertuang dalam Undang Undang Dasar dan Sila-sila dari pancasila.

Waktunya bersama wujudkan pancasila sesungguh-sungguhnya dan sebenar-benarnya untuk kemanusiaan yang adil dan beradab.

Pancasila adalah jalan kita musyawarah mufakat, adalah cara yang berperikemanusiaan untuk memutuskan rantai penindasan dan perluasaan imperialisme dan menjadikan manusia lain budak bagi kelas yang lebih tinggi.

Ayo wujudkan pancasila sebagai jalan pencapaian kemanusiaan yang adil dan beradab.(*)

*Penulis Charles Imbir adalah Deklarator Dewan Rakyat Papua dan Calon Bupati Raja Ampat periode 2020-2025.

Penulis: .....
Editor: Hugeng Widodo
Photographer: Dok. Akuratnews.com

Baca Juga