Rutan Tamiang Layang Lakukan Deteksi Dini Antisipasi Kebakaran

Rutan Tamiang Layang Lakukan Deteksi Dini untuk Antisipasi Kebakaran
Rutan Tamiang Layang Lakukan Deteksi Dini untuk Antisipasi Kebakaran

AKURATNEWS - Rutan Kelas IIB Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur melakukan deteksi dini potensi kebakaran akibat korsleting listrik di lingkungan rutan.

Deteksi dilakukan atas instruksi Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah menyikapi musibah kebakaran yang terjadi di Lapas I Tangerang pada Rabu, 8 September 2021 dini hari.

Dengan melibatkan sejumlah petugas dan satu teknisi listrik berpengalaman, Rutan melakukan serangkaian kegiatan pengecekan instalasi listrik pada seluruh bangunan kantor termasuk blok dan kamar-kamar hunian.

"Sambungan-sambungan kabel yang tidak sesuai standar penyambungannya dilakukan pembongkaran, ada tiga titik sambungan non standar yang kami bongkar," ujar Kepala Rutan Tamiang Layang, Surya Dharma usai memimpin langsung kegiatan tersebut, Kamis, 9 September 2021.

Selain itu, petugas juga menempatkan alat pemadam ringan atau Apar otomatis pada Miniature Circuit Breaker atau MCB demi mengantisipasi kebakaran akibat arus pendek.

"Ke depan kami juga akan memperketat pengawasan instalasi listrik di lingkungan Rutan sehingga hanya dilakukan oleh teknisi kelistrikan berkompeten. Selain itu, pelaksanaan deteksi dini tidak lagi dipantau langsung Yudi Suseno selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil kemenkumham Kalteng," kata Surya.

Diketahui saat ini Rutan Tamiang Layang dihuni oleh 202 warga binaan dengan rincian, narapidana pria 170 orang, tahanan pria 19 orang, narapidana wanita 4 orang dan tahanan wanita 9 orang.***

Penulis: Rama Yudi
Editor: Ahyar

Baca Juga