Saatnya Wartawan Hiburan Bergerak Bersama Lawan Corona

Jakarta, Akuratnews.com - Pandemi virus Corona (Covid-19) sudah mulai memasuki fase mengkhawatirkan di Indonesia.

Hingga Sabtu (21/3), jumlah warga positif Covid-19 telah mencapai 450 orang dengan tingkat kematian di atas delapan persen.

Diyakini, tren jumlah penderita Covid-19 ini akan terus bertambah jika tidak dilakukan usaha bersama-sama, baik di level negara maupun komunitas warga.

Atas dasar itulah, wartawan yang terhimpun dalam Komunitas Wartawan Hiburan Pencegah Covid-19, mengajak semua pihak untuk bisa bersama-sama berperan nyata dalam membantu pemerintah.

Kegiatan yang akan dilakukan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan Konten Edukasi Digital
- Konten yang disiapkan berisi edukasi tentang pentingnya self distancing, karantina diri di rumah, berbuat hal positif semasa berlakunya aturan work form home serta tindakan tindakan antisipasi jika terjadinya ancaman Covid-19 yang semakin mewabah layaknya Italia.

- Untuk konten ini nantinya dilakukan sinergi antara wartawan bersama para public figure yang peduli. Durasi video digital ini diharapkan antara 2-3 menit untuk setiap isu.

- Sasaran konten ini adalah masyarakat luas. Untuk memperkuat sebaran konten nantinya diperkuat dengan pemberitaan dari para anggota Komunitas Wartawan Hiburan Pencegah Covid-19 di media masing-masing.

2. Penggalangan Dana
- Penggalangan dana dilakukan untuk membantu alat-alat yang dapat mencegah penyebaran Covid-19. Mulai dari menyediakan masker wajah, sabun dan pembersih tangan (hand sanitizer), hingga apron (baju medis)
- Target penerimanya adalah sejumlah rumah sakit daerah rujukan corona di wilayah Jabodetabek
- Untuk rekening donasi kegiatan ini menyusul kemudian.

Dijelaskan penggagas kegiatan ini, M. Akbar, walau masih dalam bentuk gagasan, namun dalam waktu dekat hal ini segera diwujudkan.

"Menyikapi dampak penyebaran virus Coid-19 yang sangat mengkhawatirkan ini, kami dari komunitas wartawan hiburan merasa terpanggil melakukan seperti apa yang dijabarkan di atas. Namun apa yang saya jabarkan di atas masih berupa gagasan yang sesegera mungkin kita lakukan actionnya," jelas Akbar yang juga wartawan Republika ini.

Sementara itu, Irish Riswoyo, Ketua Bidang Film Musik dan Lifestyle PWI Jaya menyambut baik gagasan ini.

"Tentu gagasan ini gagasan yang mulia, saya merasa senang, apalagi pemikiran ini muncul dari komunitas wartawan hiburan. Tentu saya sangat mendukung untuk segera direalisasikan. Jangan nunggu-nunggu terlalu lama," jelas Irish.

Menutup pembicaraanya, Irish menambahkan, pihaknya akan mengajak teman teman wartawan hiburan lainnya untuk bergabung dalam hal kebajikan ini.

"Untuk merealisasikan gagasanAkbar, saya akan mengajak teman-teman wartawan yang lain yang kesehariannya meliput di dunia hiburan untuk bahu membahu mewujudkan kegiatan ini segera," tutup Irish.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga