Saatnya Publik Tahu Kehidupan Asli di Pesantren

AKURATNEWS - Usai menyaksikan langsung film 'Pesantren', Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar melihat jika film ini tak hanya layak ditonton santri atau yang dekat dengan pesantren.

"Film ini patut ditonton semua lapisan, semua kalangan, dan tentu para pengambil kebijakan di dunia pendidikan untuk menjadi inspirasi bahwa pesantren di Indonesia adalah pilar yang membentuk karakter kita dan masyarakat bangsa dan negara," ujar pria yang akrab disapa Cak Imin ini usai premiere film 'Pesantren' di Jakarta, Senin (1/8).

Oleh karenanya, ia berjanji akan memfasilitasi nonton bareng (nobar) bagi kalangan di luar pesantren saat film ini tayang perdana pada 4 Agustus mendatang.

"Nanti saya koordinasikan dengan Lola Amaria sebagai distributor film ini. Yang diprioritaskan nobar di luar kalangan pesantren, agar mereka juga tahu bagaimana keseharian di pesantren ini," ujar Cak Imin.

Ia juga mengapresiasi film karya sutradara Shalahuddin Siregar ini karena mampu menyuguhkan pesan-pesan, ajaran-ajaran dan juga kajian-kajian yang berkembang di pesantren.

"Padahal ini film dokumenter, tapi dengan alur yang menarik dan saya serius menilai film ini sangat baik," ujar pria yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Ia juga mengapresiasi film ini lantaran mampu menyajikan fakta jika di balik banyaknya keterbatasan fasilitas di pesantren namun tetap mampu melahirkan manusia yang berkarakter dan punya kemauan belajar yang tinggi.

"Tekad santri untuk belajar di film ini betul-betul kuat dengan fasilitas yang sangat terbatas. Ya begitulah kehidupan pesantren meski dengan banyak keterbatasan fasilitas," pungkas Cak Imin.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga