Sabar, Kenali Maknanya Jika Ingin Hidup Anda Bahagia

Ilustrasi Sabar/Ahyar/AKURATNEWS
Ilustrasi Sabar/Ahyar/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Sabar berasal dari bahasa Arab الصبر (ash-shabru) yang kemudian diserap dalam bahasa Indonesia menjadi kata 'sabar'.

Ketika sudah menjadi bahasa Indonesia, maka ada sedikit perubahan makna sehingga muncullah makna sabar seperti terkesan lemah, lugu, tertindas, pasrah dalam menerima kenyataan.

Makna asli kata ash-shabru adalah tahan. Sehingga kata sabar maksudnya kuat, tahan banting, dan tak mudah hancur.

Baca Juga: Kesabaran Tanpa Batas, Benarkah? Berikut Penjelasannya

Betapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar pengikutnya yang bertakwa. Mereka tidak lemah, tidak patah semangat dan tidak pula menyerah (kepada musuh). Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar.

Jadi, sabar bukanlah sifat bagi mereka yang lemah dan selalu kalah. Justru sebaliknya, sabar adalah sifat bagi para pemenang yang selalu unggul baik ketika jumlahnya sedikit dan tertindas hingga jumlahnya besar dan mayoritas.

Akuratnews.com merangkum dari beberapa sumber, mereka yang meyakini akan menemui Allah berkata, "Betapa banyak kelompok kecil bisa mengalahkan kelompok besar dengan izin Allah. Dan Allah bersama orang-orang yang sabar." (QS Al-Baqarah: 249).

Baca Juga: Baca Zikir Ini bisa Mengusir Kegalauan Hati!

Ayat tersebut bercerita tentang para prajurit yang tahan banting, sehingga meskipun jumlahnya sedikit tetapi mampu mengalahkan musuh yang jumlahnya lebih banyak. Merekalah yang diijinkan Allah SWT untuk memperoleh kemenangan.

Kesabaran adalah salah satu kunci dari kehidupan yang bahagia. Menerapkan budaya sabar dalam kehidupan sehari-hari bisa menuntun kita menjadi individu yang punya banyak kelebihan.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Nurma Yulianda

Baca Juga