Salurkan Bansos ke Jurnalis, Mensos Siap Terima Kritik

Jakarta, Akuratnews.com - Kementerian Sosial  menyerahkan 10.000 paket bantuan sosial (bansos) kepada Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI) yang akan disalurkan kepada jurnalis dan warga masyarakat di Jabodetabek.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Menteri Juliari P Batubara di Sekretariat YPJI di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (3/12).

Bansos Kemensos RI ini merupakan bantuan tahap kedua yang diberikan kepada YPJI setelah sebelumnya telah disalurkan pula 5.000 paket bansos serupa.

Dalam sambutannya, Juliari P Batubara mengatakan bahwa bantuan sosial yang disalurkan kepada jurnalis diharapkan dapat membantu di masa pandemi Corona Covid-19 ini.

Dalam kesempatan ini juga hadir Ketua Dewan Pembina YPJI, Agus A Mile dan Ratu Givana serta Ketua Umum YPJI, Andi Arief yang ikut mendampingi simbolisasi penyerahan bansos kepada perwakilan jurnalis dan masyarakat.

“Semoga bantuan ini bermanfaat. Banyak dan sedikitnya tergantung yang menerima. Dalam masa pandemi ini, kita sudah sembilam bulan masih memberikan bantuan barang dan uang. Lebih banyak uang sih, terutama di luar Jabodetabek,” ujar Juliari P Batubara dalam sambutannya.

Mantan anggota DPR dari PDI Perjuangan ini mengucapkan terima kasih kepada media yang selama ini memberikan bantuan kepada Kemensos. Apalagi, peran media sejauh ini memang sangat membantu program-program pemerintah.

“Tidak bisa dipungkiri, kita membutuhkan bantuan media. Tidak hanya di masa Covid-19 saja. Hubungan antara Kementerian dan media adalah saling menguntungkan. Tidak perlu dan harus membela, yang terpenting, kami meminta support atas pemberitaan kami,” ujar Juliari.

Namun meski begitu, Juliari menegaskan bahwa pihaknya juga membutuhkan kritik dalam melakukan kerja-kerja selama ini. Baginya, peran media tidak melulu menjadi corong pemerintah.

“Kita butuh masukan yang konstruktif. Kalau kita kurang baik kinerjanya, atau program yang kurang bermanfaat, bilang saja. Bahkan bila ingin memberikan saran langsung kita sangat mengapresiasi. Kita berharap media bisa mengangkat pemberitaan yang membangun optimis buat yang membaca,” ujar Juliari.

Bahkan, Juliari mewakili pemerintah meminta kepada media untuk memberitakan secara jujur kinerja pemerintah.

“Kita tidak menutup mata adanya penyelewengan, tapi jangan beritanya mendominasi. Apalagi peran media sangat sentral,” ujar Juliari.

Sebelum menutup sambutannya, Juliari pun berharap program distribusi bantuan sosial kepada YPJI ini bisa terus dilakukan.

“Semoga program seperti ini ke depannya terus bisa kita lakukan. Selain di luar pandemi. Buat teman-teman media, mohon jaga diri, agar tidak terkena virus Covid-19,” pungkas Juliari P Batubara.

Juliari pun menyatakan, bansos seperti ini masih akan terus berjalan di 2021 mendatang.

"Kita akan lanjut setidaknya dalam enam bulan lagi," ucap Juliari.

Dalam kesempatan tersebut, Juliari P Batubara juga memberikan bantuan kepada masyarakat di Kebayoran Lama. Juliari menyusuri gang sempit menuju tempat tinggal warga yang terdampak Covid-19.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga