Sambangi RS Persahabatan, Ini Respon Betrand Antolin Saat Donasikan Seribu APD

Jakarta, Akuratnews.com - Tak banyak selebritas yang mau datang langsung ke wilayah yang rawan penularan virus Corona (Covid-19) seperti RS rujukan pasien Covid-19.

Tapi Bertrand Antolin coba membuktikan kepeduliannya kepada upaya pesohor publik dalam memerangi pandemi Covid-19. Ia bersama sobatnya, Direktur Utama PT Plevia Makmur Abadi, Kevin Nugroho menyambangi RS Persahabatan Jakarta guna menyerahkan donasi 1.000 Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis.

"Aslinya saya takut juga ke rumah sakit. Makanya bawa handsanitizer, tapi demi teman saya Kevin, saya sempatkan datang,” ujar Betrand saat menyerahkan donasi bersama Kevin yang diterima langsung Direktur Umum RS Persahabatan, dr. Yudhaputra Tristanto, Senin (24/8).

Soal donasi ini, Betrand menyebut, hal ini bentuk kepeduliannya bersama Plevia, produsen APD yang berbasis di Karang Anyar, Jawa Tengah bagi garda terdepan melawan wabah Covid-19.

“Dari pemberitaan-pemberitaan yang saya baca, kebutuhan APD sesuai standar medis masih sangat tinggi. APD yang dikenakan tenaga medis tidak boleh sembarangan, salah satu syaratnya bahannya tidak berpori sehingga bisa melindungi kemungkinan masuknya virus,” ujar Bertrand yang diamini Kevin.

Kevin menambahkan, APD produksi Plevia ini memang sudah sesuai standar medis, karena menggunakan material Polyvinyl Chloride yang tidak berpori dan tanpa jahitan, sehingga memberikan perlindungan ekstra dan masuk kategori hydrophobic.

Selain itu, APD Plevia dikatakannya sudah memperoleh izin edar dari Kementerian Kesehatan dan kini dalam proses pengajuan ISO 16604:2004, CE dan FDA.

Targetnya APD buatan anak negeri ini akan memasuki pasar eksport. Saat ini Plevia sudah mendapatkan ISO 16604:2004 untuk produk surgical gown yang merupakan sertifikasi standar untuk baju pelindung diri yang melindungi dari darah dan cairan.

“Saat ini APD produksi Plevia sudah digunakan tenaga medis di rumah sakit-rumah sakit rujukan dan non rujukan di berbagai daerah di Indonesia,” imbuh Kevin.

Atas donasi ini, Direktur Umum RS Persahabatan, dr. Yudhaputra Tristanto mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Ia juga menyarankan agar hal serupa tidak hanya dilakukan di Jakarta saja. Wilayah timur Indonesia dikatakannya juga sangat membutuhkan APD.

"Kalau dibilang krisis akan kebutuhan APD di Jakarta sih nggak. Tapi RS daerah di wilayah timur Indonesia juga banyak membutuhkan karena disana angka pasiennya sedang tinggi. Semoga donasi seperti ini bisa dilakukan juga disana," pinta dr. Yudhaputra.

Menanggapi permintaan dr. Yudhaputra itu, Kevin Nugroho menyatakan kesiapannya.

"Siap-siap.. selama ini memang kita juga sudah donasikan APD di Solo bekerjasama dengan PMI" ucap Kevin seraya mempertimbangkan akan melakukan donasi serupa ke wilayah luar pulau Jawa.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga