Samosir Diserbu 10 Ribu Vaksin TNI-Polri dan Yayasan Marianna

Dewi Y Silalahi perwakilan Parna Raya Group, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, Aster Kasdam I Bukit Barisan Manurung, Perwakilan Yayasan Marianna Lesmana Simbolon saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Samosir, Senin (26/7).

AKURATNEWS - Dinamika pandemi Covid-19 di Indonesia belakangan ini semakin memprihatinkan karena tak hanya menimbulkan korban jiwa saja, tetapi juga melumpuhkan sendi-sendi kehidupan masyarakat luas. Hal ini juga berlaku di wilayah Samosir, Sumatera Utara.

Melihat kondisi ini, Kodam Bukit Barisan dan Polda Sumatera Utara bekerjasama dengan Yayasan Marianna (Parna Raya Group) bergerak memenuhi pencapaian target vaksinasi Covid-19 secara massal. Ditargetkan 10 ribu vaksin Covid-19 bagi masyarakat, khususnya dua kecamatan di wilayah Samosir yaitu Pangururan dan Simanindo akan didistribusikan mulai 26-27 Juli 2021. Sedangkan untuk vaksinasi tahap kedua akan digelar beberapa minggu kemudian di tempat dan lokasi yang sama.

“Kenapa dua kecamatan ini dipilih karena menjadi pintu keluar masuk pengunjung ke dan dari Samosir. Ini untuk mencegah masyarakatnya berpeluang terpapar Virus Covid-19. Berbagai langkah tentu sudah dilakukan pemerintah pusat dengan kebijakan PPKM Mikro, baik lewat Pemda Sumatera Utara maupun Pemda Samosir sendiri,” ujar Kepala Yayasan Marianna, Mahidin Simbolon, Senin (26/7).

Diharapkan, masyarakat di kedua kecamatan ini tergerak untuk datang dan bersedia divaksin sebagai salah satu cara menambah kekebalan tubuh guna mencegah serangan virus Covid-19. Walau begitu, diharapkan masyarakat diminta tetap taat melaksanakan 5 M. Selain pemberian vaksin Covid-19 gratis, dalam kegiatan ini juga dibagikan Dana Puding bagi warga agar bersemangat divaksin.

“Pelaksanaan vaksin ini melibatkan tenaga kesehatan setempat yang dikoordinir pihak Kodim 0210/TU. Sejauh ini sejumlah persiapan telah dilaksanakan Tim Yayasan Marianna yang berkoordinasi dengan pihak Kodam-1/BB, Kodim 0210/TU dan Koramil Pangururan serta Simanindo,” jelas Mahidin.

Target vaksin Covid-19 tahap pertama di wilayah ini masing-masing: kelurahan Ambarita 525 orang, kelurahan Tuk-tuk 325 orang, kelurahan Simarmata 325 orang, kelurahan Lontung 325 orang dan kelurahan Pangururan 1.500 orang.

Berikut lokasi vaksinasi massal di Samosir:

1. Wilayah Puskes Ambarita
-26 Juli: Puskes Ambarita
-27 Juli: Kantor Desa Simanindo

2. Wilayah Puskes Tuk-tuk
-26 Juli: Gedung Kesenian
-27 Juli: Kantor Desa Tomok

3. Wilayah Puskes Lontung
-26 Juli: Kantor Desa HT Ginjang
-27 Juli: Kantor Desa Pardomuan

4. Wilayah Puskes Simarmata
-26 Juli: Kantor Desa Dosroha
-27 Juli: Pustu DS Cinta Dame

5. Wilayah Pangururan
-26 Juli: Kantor Koramil
-27 Juli: Kantor Koramil.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga