Sang Tokoh Kegawat Daruratan Daerah Konflik, dr Joserizal Jurnalis Tutup Usia

Jakarta, Akuratnews.com - Kabar duka datang dari aktivis kemanusiaan yang juga pendiri dan Dewan Pembina Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), dr Joserizal Jurnalis SpOT.

Almarhum Joserizal tutup usia pada Senin (20/1) pukul 00.38 WIB di RS Harapan Kita, Jakarta pada usia 56 tahun. Sebelumnya, ia memang dirawat di RS Harapan Kita.

"Mohon dimaafkan segala kesalahan dan kekhilafan beliau. Terima kasih atas segala doa dan perhatian dari kerabat, teman, relasi, saudara seperjuangan selama beliau sakit hingga akhir hayatnya," ujar Manajer Operasional MER-C, Rima Manzanaris, Senin (20/1).

Jenazah pria kelahiran Padang, 11 Mei 1963 ini disemayamkan di Pendopo Silaturahim, Jl. Kalimanggis Raya No. 90 Cibubur, Bekasi. Usai disholatkan selepas Dzuhur di Masjid Silaturahim, jenazah akan dimakamkan di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Joserizal merupakan pendiri dan pembina MER-C, organisasi yang berfokus memberikan pertolongan kegawat daruratan kesehatan, khususnya di wilayah-wilayah konflik.

Ia dokter spesialis bedah orthopedi (bedah tulang) lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang beberapa kali terlibat sebagai petugas dan sukarelawan kesehatan pada beberapa konflik yang terjadi di Indonesia seperti di Maluku, Poso, Aceh dan juga beberapa wilayah konflik di Timur Tengah seperti Sudan, Afghanistan, Irak dan Gaza, Palestina.

Joserizal juga sosok yang menggagas berdirinya Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza, Palestina sejak 2008 dan pelopor pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine State Myanmar.

Ayah tiga anak, yakni Aisha, Nabila, dan Saladin ini adalah putra dari Jurnalis Kamil, akademisi yang pernah menjabat Rektor Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat periode 1984-1993.

Selamat jalan dr. Joserizal, semoga Husnul Khotimah... Selamat menghadap Allah Sang Maha Pencipta yang mencintaimu lebih dari kami...

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga