Bentrokan Massa dan Aparat

Saran Ombudsman untuk Jokowi: Wiranto Jangan Dipakai Lagi

Foto istimewa.

Jakarta, Akuratnews.com - Panasnya situasi politik dalam seminggu ini, dituding karena sebab para pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kerap mengeluarkan ancaman-ancaman yang justru meningkatkan intensitas politik nasional.

Gaya mengancam yang dilakukan pembantu presiden ini dinilai mengikuti gaya yang dilakukan rezim Orde Baru (Orba). Hal itu diungkap oleh Komisioner Ombudsman RI Laode Ida.

Menurut Laode Ida, kondisi bangsa yang makin panas dipicu oleh para pembantu Jokowi yang terus mengeluarkan pernyataan mengancam bergaya orde baru (orba). Laode menyoroti kebijakan yang kerap dikeluarkan oleh Menkopolhukam Wiranto.  Laode pun meminta agar Jokowi tak perlu lagi memakai Wiranto di pemerintahannya sebab, menurut dia, gaya orba Wiranto dapat menjatuhkan Jokowi.

"Pak Jokowi, tolong jangan pakai Wiranto lagi," kata Laode, Kamis (23/5.2019).

Laode Ida mengatakan apa yang dilakukan Wiranto dianggap terlalu berlebihan. Salah satunya adalah kebijakan Wiranto dalam menangani situasi nasional. Laode mengatakan. situasi yang tidak terlalu gawat, malah dibuat seolah-olah genting. Akibatnya, rakyat dibuat seperti penjahat.

Wiranto juga dianggap Laode salah menterjemahkan keinginan Jokowi untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan. Oleh karena itu, Komisioner Ombudsman ini menyarankan Jokowi untuk tidak lagi menggunakan orang-orang yang bergaya orba dalam kabinet mendatang.

Laode Ida pun meminta agar pemerintah tidak lagi menebar ketakutan kepada rakyat. Menurut dia, saat ini adalah zaman reformasi sehingga gaya orba tidak perlu diperlihatkan lagi.

"Saran saya, dalam kabinet mendatang, jangan lagi dipakai orang-orang yang bergaya orba ini," Kata Laode Ida.

Penulis:

Baca Juga