Satlantas Polrestro Depok Amankan Puluhan Unit Mobil Angkutan Pemudik

Sejumlah kendaraan yang diamankan pihak Satlantas di Mapolrestro Depok Senin,(3/5)
Sejumlah kendaraan yang diamankan pihak Satlantas di Mapolrestro Depok Senin,(3/5)

AKURATNEWS.COM- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestro Depok berhasil mengamankan sebanyak 22 unit kendaraan jenis elf dan mini bus yang mengangkut para pemudik di Wilayah Kota Depok.

Kasat Lantas Polres Metro Depok AKBP Muhammad Andi Indra Waspada membenarkan adanya penangkapan 22 unit kendaraan pengangkut pemudik, Senin,(3/5).

"Benar, ada 22 kendaraan travel gelap yang kita amankan membawa penumpang mudik lebaran", ucap AKBP Indra, di Mapolrestro Depok.

Dikatakan Indra, kendaraan travel itu diamankan akibat tidak memiliki izin mengangkut warga mudik hingga ke luar jalur dari izin trayek yang telah ditentukan.

"Puluhan kendaraan tersebut kini ditahan di Polrestro Depok hingga kebijakan larangan mudik Lebaran 2021 selesai diberlakukan", ujarnya.

Penangkapan kendaraan itu, masih kata Indra, dilakukan pihaknya saat melintas di jalur tikus yang ada di Wilayah Kota Depok.

Dia juga menyebut jika sejumlah unit kendaraan jenis mini bus itu diketahui akan membawa para pemudik ke daerah Jawa hingga Sumatera.

"Jadi tujuan travel gelap ini mayoritas ke daerah Sumatera dan beberapa kota di Pulau Jawa seperti, Jawa Tengah" katanya.

Pasca penangkapan itu para penumpang langsung dipulangkan oleh pihak Satlantas Polrestro Depok ke daerah asal. "Uang yang sempat dibayar ke travel gelap juga sudah dikembalikan kepada para penumpangnya", jelasnya.

"Sudah dikembalikan sebelum mereka dibawa ke terminal ya. Rata-rata (sudah bayar) Rp 300 ribu hingga Rp 700 ribu sesuai dengan tujuannya," pungkas AKBP Indra.

Diketahui, modus dari para jasa travel ini menawarkan jasanya melalui aplikasi daring salah satunya melalui facebook dengan harga bervariasi.

Sementara, pukuhan unit kendaran jenis elf dan mini bus atau travel gelap yang diamankan pihak Satlantas Polrestro Depok itu berasal dari sejumlah daerah, seperti Bogor, Banten, Jepara, Sumedang, dan sejumlah daerah dari wilayah Jawa Tengah atau di luar Kota Depok.

Penulis:

Baca Juga