Satpol PP Jonggol Tak lagi Mandul, Galian C Ditutup Paksa

Jonggol, Akuratnews.com - Satpol PP Kecamatan Jonggol menutup paksa lokasi penambangan galian C ilegal yang berada di kampung Leuwi Jati RT 03 Rw 06, Desa Sukanegara, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor. Selasa (28/2/2017).

Di lokasi galian C tampak satu unit alat berat backhoe yang hendak di operasionalkan operator, kemudian di keluarkan paksa dari lokasi oleh satpol PP agar tak beroperasi.

Selain itu, tampak ada pekerja yang berjaga dan siaga di lokasi proyek galian C menunggu truk pengangkut tanah.

sebelumnya diberitakan oleh Akuratnews.com, pengakuan dari pekerja galian yang tak mau di sebutkan namanya menjelaskan, terkait keamanan, dengan ada nya uang koordinasi, sehingga galian tidak ditutup dan terus bisa beroperasi.

"Kita kan sudah berkoordinasi dengan aparat, jadi bisa mas lihat sendiri lah,tetap berjalan dan aman-aman saja." Terangnya

"Untuk Ceker atau pengawas dibayar Per truk Rp 5.000-‚ biasalah untuk uang koordinasi, sedangkan untuk bagian yang membersihkan jalanan Rp 7000-‚ per truk," ungkapnya

Hal ini membuat Camat Jonggol, Beben Suhendar, geram dan mengambil tindakan tegas dengan memerintahkan Satpol PP untuk menutup Galian tersebut.

"Sebenarnya sudah beberapa kali galian ini di tutup, dan juga sudah di layangkan surat agar bisa mengurus ijin ke ESDM provinsi jabar" katanya saat dihubungi melalui pesan singkat whatsapp.

Beben, sapaan akrabnya camat jonggol menangapi perihal koordinasi kepada aparat setempat yang sebelumnya di jelaskan pekerja galian tersebut.

"Itu lagu lama, dimana-mana galian ilegal seperti itu. untuk itu mulai sekarang tiap minggu saya perintahkan satpol pp untuk operasi." Singkatnya. (Toro)

Penulis:

Baca Juga