Sebagai Putra Daerah, Begini Cara Bro Rivai Maknai Hari Jadi Bone Ke-691

Laksma Abdul Rivai, putra daerah Bone yang pernah mendapat medali kepoloporan dari Presiden Republik Indonesia. /Ashari/AKURATNEWS
Laksma Abdul Rivai, putra daerah Bone yang pernah mendapat medali kepoloporan dari Presiden Republik Indonesia. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Hari Jadi Bone ke-691 tercatat dalam sejarah. Banyak tokoh negeri yang lahir dari 'Bumi Arung Palakka' (sebutan Bone) ini. Salah satunya Muhammad Jusuf Kalla (JK) yang tak lain adalah mantan Wakil Presiden Republik Indonesia ke 10 dan 12.

Selain JK, ada banyak tokoh lainnya, seperti mantan Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman, dan Jenderal Bintang Satu Laksma Abdul Rivai.

Laksma Abdul Rivai adalah putra daerah Bone yang pernah mendapat medali kepoloporan dari Presiden RI. Sebuah medali prestisius yang pernah diterima dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan Megawati Soekarno Putri.

Abdul Rivai Ras atau akrab disapa Bro Rivai, memaknai Hari Jadi Bone sebagai bagian dari pelajaran dan momentum menghargai sejarah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

“Mari kita belajar dari sikap mulia dan kepribadian leluhur kita dulu, lalu renungkan. Jadikan inspirasi bagi pengabdian kita dalam aktualisasi budaya bangsa dan kearifan lokal,” ucap Bro Rivai, Selasa 6 April 2021.

Melalui nilai-nilai sumange' teallara kata Bro Rivai, adalah sebuah diksi bugis yang sarat makna. Kita semua patut mengapresiasi sejarah peradaban Kabupaten Bone dan pelajaran kehidupan.

“Kalimat siatting lima, sitonra ola, tessipano adalah ciri khas sikap leluhur kita dulu. Belajarlah pada semut yang selalu berjalan beriringan dan tidak saling menjatuhkan, agar terus merawat harmoni dalam keberagaman sosial budaya demi persatuan dan kesatuan,” ungkapnya.

Dalam Hari Jadi Bone saat ini mengusung tema 'Ya Tutu ya Upe, ya Capa ya Cilaka' berarti yang Berhati-hati yang Beruntung, yang Gegabah yang Celaka.***

Penulis: Ashari

Baca Juga