Sebut Virus Corona Seperti Istrimu, Mahfud MD Diprotes Komnas Perempuan

Jakarta, Akuratnews.com - Menko Polhukam Mahfud MD bercerita jika dirinya menerima meme dari Menko Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan tentang virus Corona (Covid-19). Meme tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa Inggris.

Hal ini disampaikannya saat menjadi pembicara secara daring untuk acara halal bihalal Idul Fitri Keluarga Besar Universitas Sebelas Maret, Selasa (26/5) lalu.

Mahfud menuturkan, judul meme itu adalah Corona is Like Your Wife.

"In easily, you try to control it. Then you realize that you can't. Than you learn to live with it. Corona itu seperti istrimu, ketika engkau mau mengawini, kamu berpikir, kamu bisa menaklukan dia. Tapi sesudah menjadi istrimu, kamu tidak bisa menaklukan istrimu," kelakar Mahfud.

"Sesudah itu apa? Then you learn to live with it. Kemudian kamu berdamai dengan dia. Ya sudah, sudah begitu," lanjut dia.

Namun, guyonan Mahfud yang juga disorot media luar negeri ini juga mendapat protes keras dari Komnas Perempuan.

"Guyonan tersebut menempatkan perempuan sebagai bahan ejekan dan mengukuhkan stereotipe negatif terhadap perempuan atau relasi yang timpang antara laki-laki dan perempuan serta memupuk budaya menyalahkan perempuan korban (blaming the victim)," kata Komisioner Komnas Perempuan Dewi Kanti, Minggu (31/5).

Ia menambahkan, dalam mengatasi Covid-19 semestinya pemerintah memastikan perempuan tetap aman dan terlindungi.

Pernyataan Mahfud tersebut pun dipandang kontraproduktif dengan upaya membangun relasi yang setara antara suami dan istri di dalam perkawinan.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga