Sederet Manfaat Asuransi Perjalanan dan Tips Memilih Layanan yang Terbaik

Sederet Manfaat Asuransi Perjalanan dan Tips Memilih Layanan yang Terbaik
Sederet Manfaat Asuransi Perjalanan dan Tips Memilih Layanan yang Terbaik

AKURATNEWS - Traveling mungkin memanglah bukan hobi yang dimiliki oleh semua orang. Namun, untuk berbagai kebutuhan, ataupun sekedar refreshing, tak sedikit orang harus bepergian ke suatu tempat tertentu bahkan di era pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Bahkan, tidak jarang perjalanan tersebut harus dilakukan dengan jarak yang sangat jauh ke luar negeri.

Akan tetapi, terlepas dari tujuannya, Anda diharuskan untuk mempersiapkan segala kebutuhan dengan lengkap dan tepat saat akan bepergian.

Tidak hanya barang bawaan, tiket transportasi, dan booking hotel atau penginapan, memiliki asuransi selama perjalanan juga menjadi salah satu hal yang wajib disiapkan saat akan liburan.

Asuransi perjalanan adalah produk yang mampu menjamin keamanan dan kenyamanan Anda selama bepergian terutama di masa pandemi. Tentunya, manfaat dari asuransi perjalanan tidak berhenti sampai di situ saja.

Lebih dari itu, berikut adalah sederet manfaat menyiapkan asuransi perjalanan dan tips memilihnya agar mampu memberi perlindungan yang terbaik.

Manfaat Menyiapkan Asuransi Perjalanan

  • Jaminan Kesehatan Selama di Perjalanan

Risiko mengalami masalah kesehatan bisa terjadi kapan saja, tak terkecuali saat sedang asyik berlibur atau bepergian di masa pandemi.

Dalam kondisi darurat tersebut, Anda tentu perlu memastikan ada layanan yang bisa menjamin pengobatan di rumah sakit.

Manfaat dan jaminan kesehatan ini bisa disediakan oleh asuransi perjalanan dengan uang pertanggungan dan kualitas layanan sesuai dengan yang tercantum pada polis.

Apalagi, di masa pandemi seperti ini, rasanya asuransi perjalanan yang menjamin Covid-19 sangat wajib untuk dimiliki.

Selain untuk perlindungan dari virus Covid-19, banyak negara di dunia yang mewajibkan pengunjung luar negeri untuk memiliki polis asuransi perjalanan Covid-19 sebagai syarat masuk.

  • Ganti Rugi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Keterlambatan atau pembatalan perjalanan adalah risiko yang tidak bisa sepenuhnya dihilangkan selama bepergian.

Risiko pesawat gagal berangkat karena masalah tertentu bisa saja terjadi sewaktu-waktu tanpa pertanda.

Untungnya, masalah tersebut bisa diantisipasi kerugiannya dengan memiliki asuransi perjalanan.

Jadi, saat mengalami kendala keterlambatan atau pembatalan perjalanan, Anda bisa mendapatkan ganti rugi berupa penggantian layanan transportasi atau gratis check in di hotel.

  • Menanggung Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Selain keterlambatan atau pembatalan perjalanan, nasabah juga akan mendapatkan jaminan ganti rugi saat mengalami kerusakan atau kehilangan bagasi.

Sebagai risiko yang cukup sering terjadi selama bepergian, manfaat ini tentu amat penting untuk didapatkan.

Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan, selalu siapkan produk keuangan ini agar terlindungi dari risiko tersebut.

  • Santunan Dana saat Tutup Usia selama Bepergian

Manfaat yang terakhir, jenis asuransi ini juga mampu memberi santunan dana ketika nasabah meninggal selama berada di perjalanan.

Jadi, walaupun rasa duka tetap akan menyelimuti, setidaknya kondisi finansial keluarga yang ditinggalkan tetap terjamin untuk beberapa waktu ke depan melalui perlindungan asuransi ini.

Tips Mengajukan Asuransi Perjalanan

  • Sesuaikan dengan Waktu, Lokasi, dan Tujuan Perjalanan

Selayaknya produk asuransi umum lain, asuransi perjalanan juga mempunyai berbagai pilihan fitur dan manfaat yang harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui dulu waktu, lokasi, dan tujuan perjalanan yang nantinya akan dilakukan.

Dengan begitu, memilih produk asuransi yang terbaik dan mampu memenuhi segala kebutuhan secara optimal bisa lebih mudah dilakukan.

  • Cermati Seluruh Poin pada Polis

Tips ini sangat krusial untuk dilakukan karena berkaitan dengan kemungkinan adanya manfaat perlindungan yang tidak bisa diklaim dengan alasan tertentu.

Perlu dipahami jika hampir semua layanan asuransi memiliki beberapa poin pengecualian yang bisa membuat pengajuan klaim ditolak dan hal tersebut pasti dijelaskan pada polis.

Agar tak menjadi sumber masalah dan penyesalan di kemudian hari, selalu baca seluruh poin pada polis asuransi hingga paham sebelum memutuskan untuk mengajukan layanannya.

  • Perhatikan Reputasi dan Legalitas Perusahaan Asuransi

Hal lainnya yang tak kalah penting untuk dicermati saat memilih asuransi adalah reputasi dan legalitas perusahaan. Hanya pilih produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi terdaftar OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Selain itu, cari tahu pula kinerja penyedia layanan tersebut selama beberapa tahun terakhir dan bagaimana ulasan dari para nasabahnya terdahulu guna terhindar dari risiko tertipu asuransi bodong.

  • Pastikan Proses Klaim Mudah

Tidak kalah pentingnya, Anda juga harus memastikan bahwa produk asuransi yang akan dipilih memiliki proses klaim manfaat perlindungan yang mudah dan tidak ribet.

Pasalnya, walaupun mempunyai kualitas proteksi yang lebih baik ketimbang produk lainnya, Anda akan tetap dirugikan jika ternyata proses pengajuannya memerlukan proses yang panjang.

Jadi, selain memastikan kualitas layanan yang diberikan sesuai kebutuhan, Anda juga perlu mengecek kemudahan proses klaim asuransi.

Nikmati Waktu Liburan Tanpa Rasa Khawatir dengan Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah salah satu hal penting yang sering kali dilewatkan oleh para pelancong saat ingin berlibur atau bepergian di masa pandemi.

Padahal, layanan tersebut mampu memberikan segudang manfaat yang membuat perjalanan terasa lebih aman dan nyaman tanpa rasa khawatir.

Yang terpenting, pahami tips memilih produk asuransi yang terbaik agar mampu mendapatkan manfaatnya secara maksimal.***

Penulis: Azril Ramadhansyah
Editor: Ahyar

Baca Juga