Sediakan Data Valid, BPS dan Kominfo Sidoarjo gelar Expose Data Statistik

Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini (kiri, berdiri) saat memberikan sambutan. Tampak pula, Plt. Kepala Diskominfo Sidoarjo, H. Setyo Winarno (tengah, duduk) sedang menyimak.

Sidoarjo, Akuratnews.com - Untuk pemenuhan kebutuhan data, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sidoarjo bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Sidoarjo menggelar kegiatan bertajuk "Expose Data Statistik", bertempat di Ruang Rapat Delta Karya Setda Sidoarjo, Senin (18/11/2019).

Dikemukakan Plt. Kepala Diskominfo Sidoarjo, H. Setyo Winarno, penyelenggaraan kegiatan "Expose Data Statistik" ini ada kaitannya dengan keterbukaan informasi publik (KIP).

"Bila dijabarkan, kegiatan ini sebagai langkah strategis untuk mewujudkan ketersediaan data valid dan terintegrasi menuju satu data Kabupaten Sidoarjo. Juga, meningkatkan sinergitas seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Sidoarjo dengan instansi terkait, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas data daerah," urainya.

Langkah Diskominfo mewujudkan satu data itu, mendapat sambutan positif dari Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini.

"Ketersediaan satu data yang akurat dan cepat memang harus ada setiap saat. Agar kecepatan dan keakuratan data terpenuhi dengan baik, perlu dilakukan komunikasi dan koordinasi, baik antar OPD maupun lintas sektoral," tandasnya.

Bahkan, Zaini pun meminta kesepakatan bersama, bahwa pemenuhan satu data bakal membawa hasil sebesar-besarnya bagi pertumbuhan Sidoarjo.

Dalam kegiatan "Expose Data Statistik" ini, Diskominfo menghadirkan tiga narasumber, yakni Kasi Statistik Bidang Pengelolaan Data dan Statistik Diskominfo Jawa Timur, I Wayan Rudy Artha, Kepala BPS Sidoarjo, Indriya Purwaningsih dan Litbang Bappeda Sidoarjo, Rini Idealia Lely.

Baca Juga