Segera Hadir, Sekolah Berkonsep Islamic Go Green di Bekasi

AKURATNEWS - Dalam waktu dekat, sekolah berkonsep Islamic Go Green akan hadir di Bekasi.

Ya.. Yayasan Asrama Pelajar Islam (YAPI) lewat SMP Islam Al Azhar 55 Jatimakmur, Bekasi akan mengusung konsep tersebut.

Sekolah yang kini dalam tahap pembangunan ini diplot akan menjadi lingkungan sehari-hari calon peserta didik, penataan dan pengelolaan lingkungan sekolah yang baik.

"Sekolah ini akan menjadi wahana efektif pembentukan perilaku peduli lingkungan," ujar Ketua Yapi, Kunrat Wirasubrata MBA dalam webinar School for Better Future, Sabtu (26/2).

Lebih lanjut Kunrat, menjelaskan, diharapkan kebiasaan baik yang diterapkan di sekolah ini nantinya dapat ditularkan ke keluarga atau masyarakat sekitar.

Misalnya saja seperti membuang sampah ke tempatnya sesuai dengan jenis sampah, organik atau non organik.

Dari sisi kesehatan pun, seperti dijelaskan dokter spesialis kedokteran keluarga layanan primer, dr Edi Alpino Rivai Siregar MKK SpKKLP, sekolah berkonsep go green punya beragam nilai tambah dibanding dengan sekolah-sekolah yang belum atau tidak mengadopsi konsep ini.

Pepohonan hijau yang memenuhi sekolah, kata Edi, dapat menekan risiko terjadinya polusi. Selain itu, kualitas oksigen terjaga karena kebersihan lingkungan terjaga apik sehingga memberikan energi positif bagi siswa untuk dapat lebih berkonsentrasi.

"Efek go green dari segi K3LH (Kesehatan, Keselamatan, Kerja dan Lingkungan Hidup) juga berdampak positif pada siswa yang misalnya memiliki alergi. Sehingga saat berada di lingkungan sekolah, kejadian batuk, asma, gatal-gatal dapat ditekan sedemikian rupa mengingat terjaganya kebersihan lingkungan yang minim debu, misalnya," ujarnya.

Selain itu, tambah Edi, lingkungan yang hijau dan representatif tentunya juga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan tekanan saat proses pembelajaran.

"Ini dampaknya positif sekali lho, karena selain meningkatkan kualitas pembelajaran, kualitas kesehatan generasi muda juga akan meningkat," ujarnya.

Kunrat menambahkan, sehatnya lingkungan dalam sekolah berguna dalam mendukung pencapaian terciptanya generasi hebat yang cerdas, sehat, dan berkualitas.

Penciptaan generasi hebat ini tentu tidak mudah, perlu langkah-langkah yang tepat dengan melibatkan sekolah, guru, siswa, dan orangtua atau masyarakat. Salah satunya dengan menciptakan sekolah dengan konsep go green ini.

"Sekolah ini bisa dikatakan berbeda dengan sekolah lainnya karena di sini siswa akan dididik untuk peduli dengan lingkungan, yang salah satunya adalah cara pengolahan atau pemilahan sampah," katanya.

Mesjid, lapangan terbuka, ruang terbuka hijau, ruang belajar terbuka maupun indoor, studio mini, laboratorium dan sarana olahraga juga melengkapi sekolah milenial di Jatimakmur, Bekasi ini.

Sekolah ini juga akan memberlakukan dua bahasa atau bilingual (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk matematika dan IPA. Program bilingual ini didukung dengan adanya native speaker, pertukaran pelajar, collaborative project dan video conference.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga