Segera! Panganfest 2021 Jadi Panggung Inovasi dan Etalase Pangan Nusantara

Jakarta, Akuratnews.com - Bicara kekayaan kuliner dan pangan di Indonesia, pastinya tak akan habis dan sangat luar biasa.

Seperti kita ketahui, kuliner asal Minang yakni rendang belum lama ini oleh CNN Travel kembali diposisikan sebagai 50 makanan terlezat di dunia. Hebatnya, rendang ada di urutan pertama alias makanan terlezat di dunia!.

Sayangnya, cita rasa kuliner Indonesia belum semua diketahui dunia. Berangkat dari kesadaran betapa luar biasa kekayaan kuliner dan pangan di Indonesia, yang belum diketahui dunia Panganfest 2021 atau Panggung Adirasa Nusantara 2021 akan digelar di Yogyakarta.

Event ini diharapkan menjadi panggung inovasi pangan Indonesia menuju masa depan. PanganFest adalah startup yang membantu para inovator pangan melakukan hilirisasi agar produk pangan inovatif mereka bisa semakin dekat dengan konsumen.

PanganFest yang merupakan akronim dari Panggung Adirasa Nusantara ini akan menyiapkan panggung bagi inovator lokal di seluruh pelosok nusantara agar mereka lebih visible di mata konsumen dan investor.

PanganFest juga membantu proses upgrading menjadi 'adirasa' agar lebih kompetitif di dalam persaingan global.

Hal di atas menjadi sebuah keniscayaan karena saat ini kita menyaksikan awal dari kebangkitan pangan Indonesia. Dibuktikan dengan makin banyak petani milenial. Makin tumbuh wirausaha kuliner milenial. Makin menjamur kafe dan restoran baru. Juga cara menjajakannya secara digital, apalagi di tengah kepungan pandemi.

“Tujuan konser marathon ini hanya satu: menjadikan Indonesia sebagai negara Adirasa global”, tandas Rino Febrian, salah satu founder Panganfest yang juga CEO Aio Inovasi di Jakarta, Rabu (3/2).

Sebagai langkah perdana, lanjut Rino, event ini dimulai dari Yogyakarta. Setelah itu, disertai berbagai penyempurnaan, akan menyebar ke seluruh nusantara dan ke seluruh pojok dunia.

Ada tiga fokus kegiatan dari PanganFest. Pertama, membantu mendesain (ulang) tampilan produk pangan serta packaging- nya agar lebih sesuai dengan selera kelas menengah, kelompok milenials, dan konsumen global.

Kedua, membantu menyiapkan konten dan strategi digital marketing. Ketiga, menjadi promotor pameran atau festival pangan baik di dalam maupun luar negeri.

Panganfest ini outputnya diharapkan membuat Indonesia bersegera menjadi leading future culinary destination, leader dalam future food innovation dan future food startup nation.

“Modal kita ada semua, baik sumber dayanya, juga manusianya. Ini hanya persoalan mempercepat inovasi pangan, menginstal teknologi dan kemudian memperkenalkannya ke tingkat regional dan global.” pungkas Rino.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga