Sejak 2016 Diajukan, Anggaran Perbaikan Pustu Sainoa Belum Disetujui

Morowali, Akuratnews.com - Kondisi kerusakan bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Sainoa, di Desa Sainoa Kecamatan Bungku Selatan, Kabupaten Morowali terbilang sudah sangat parah. Hal itu tampak dari hasil dokumentasi lapangan Pustu Sainoa, yang diperoleh wartawan media ini beberapa waktu lalu.

Sejumlah pihak, baik Bidan Desa Sainoa, Kepala Desa dan masyarakat mengeluhkan kondisi ini. Ini dikarenakan, sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan masyarakat dalam proses pelayanan kesehatan di Pustu Sainoa.

Menanggapi keluhan warga tentang kondisi Pustu Sainoa, Kepala Dinas Kesehatan Darah Kabupaten Morowali, Azhar mengaku, sudah sejak tahun 2016 silam, pihaknya mengajukan perbaikan atau rehab melalui musrenbang.

"Utk pustu sainoa ini.... Sejak thn 2016, kmi sdh ajukan melalui musrembang... krn ini usulan dri desa...hasilnya tdk pernah teralokasikan," tulis Azhar membalas konfirmasi wartawan media ini via WatssApp, Selasa, (17/09/2019).

Untuk itu, Ia menyarankan agar dibuat permohonan khusus untuk melakukan rehab total Pustu yang ditandatangani Kepala Desa, BPD, dan saksi-saki berupa tokoh masyarakat yang diketahui Camat dengan melampirkan dokumentasi foto kondisi Pustu.

"Jadi surat tersebut ditujukan kepada pak Bupati yang tembusannya ke DPRD Morowali, Kepala BAPPEDA, Kadis Keuangan, Kadis Kesehatan Daerah Kabupaten Morowali," jelas Azhar.

Sementara itu, Bupati Morowali, Drs. Taslim saat dimintai tanggapan soal kondisi Pustu Sainoa, enggan berkomentar. Meski pesan sudah terbaca, balasan chat WatssApp wartawan media ini tidak dibalas.

Penulis: Wardi Bania
Editor: Redaksi
Photographer: Wardi Bania

Baca Juga