Sejumlah Tokoh Pemerintahan Banten Siap Sambut Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo

Banten, Akuratnews.com - Sejumlah tokoh pemerintahan dan daerah Banten siap menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo yang hendak meninjau pembangunan revitalisasi kompleks Kesultanan Banten Lama, Sabtu (3/11/2018).

Mereka adalah Ketua DPRD Banten Asep Rakhmatullah, Gubernur Banten Wahidin Halim, Walikota Tangsel Hj. Airin Rachmy Diany, Keturunan Sultan Banten Bambang Wisanggeni, tokoh pendidikan, dan tokoh ulama serta adat Banten.

"Kedatangan Pak Presiden Jokowi ini adalah kegembiraan rakyat. Di sini ada rektor, ada dari Kesultanan Banten, artinya menyambut Kepala Negara yang menengok Banten Lama. Kami sebagai masyarakat Banten sangat bergembira," kata Asep.

Presiden dijadwalkan mengecek langsung proses revitalisasi Kompleks Kesultanan Banten Lama itu. Di lokasi itu, selain makam kesultanan, juga ada Mesjid Agung Banten dan keraton.

"Kita berharap ini bisa lebih diperluas sehingga menjadi ikon sejarah Banten. Nantinya bisa menjadi objek wisata internasional," kata Asep.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku dirinya merasa beruntung mendapat kesempatan pertama membangun Kompleks Kesultanan itu setelah dilantik menjadi kepala daerah pada 2017.

Proses pembangunan saat ini adalah tahap pertama dari rencana penataan yang lebih luas.

Saat ini, di kompleks itu, proses pembangunan memang sedang dilakukan. Lapangan di depan makam dan mesjid ditata dengan ubin, gapura, dan berbagai ornamen seni budaya.

Kata Wahidin, dengan proses penataan dan pembangunan, Pemerintah Daerah ingin memenuhi aspirasi masyarakat yang ingin sejarah kesultanan, perjuangan Banten melawan penjajahan Belanda, ditampilkan.

Termasuk bagaimana ekonomi dan dakwah dari masa lalu hingga saat ini bisa ditampilkan.

"Kami menargetkan kota ini menjadi kota peradaban," kata Wahidin. (Dhe)

Penulis:

Baca Juga