Sekda Zaini: PMI Sidoarjo Pun Layani Daerah Lain

Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini selaku Ketua PMI Sidoarjo, didampingi Asisten I Setda, HM. Ainur Rahman, Kadinkes, drg. Syaf Satriawarman, Kadisdikbud, H. Asrofi dan KaBPBD, H. Dwijo Prawito saat memotong tumpeng dalam acara HUT ke-76 PMI.
Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini selaku Ketua PMI Sidoarjo, didampingi Asisten I Setda, HM. Ainur Rahman, Kadinkes, drg. Syaf Satriawarman, Kadisdikbud, H. Asrofi dan KaBPBD, H. Dwijo Prawito saat memotong tumpeng dalam acara HUT ke-76 PMI.

AKURATNEWS - Meski, Palang Merah Indonesia (PMI) Sidoarjo tidak mudah mendapatkan darah Plasma Konvalesen (PK) yang memenuhi standar kesehatan. Namun, PMI Sidoarjo tidak sampai mengalami kelangkaan stok darah dari penyintas Covid-19 untuk terapi pasien terpapar virus korona ini.

Pasalnya, ketika sejumlah rumah sakit di Sidoarjo dan beberapa daerah lain membutuhkan darah PK itu, PMI Sidoarjo bisa memenuhinya.

Hal itu dikemukakan Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini selaku Ketua PMI Sidoarjo saat memberikan sambutan pada acara peringatan HUT ke-76 tahun PMI, bertempat di Gedung UTD PMI Sidoarjo, Sabtu (18/9/2021).

"Ada PR atau tugas berat yang mengiringi PMI Sidoarjo, khususnya 2020 - 2021, yakni penyediaan darah PK, karena alasan Covid-19. Tak mudah mendapatkan pendonor PK yang memenuhi syarat. Tapi, Alhamdulillah, rumah sakit - rumah sakit yang minta bantuan (darah PK), selalu kita penuhi dengan berbagai cara. Insha Allah, PMI Sidoarjo peroleh nama harum di Jawa Timur. Kami pun sampai melayani Ponorogo. Bahkan, waktu itu ada pula dari Jakarta dan Solo minta kita. Belakangan terakhir ini, banyak dari Ponorogo dan Madiun yang masih minta kita," katanya tersenyum.

Sehubungan itu, sambung Sekda Zaini, PMI Sidoarjo menerima bantuan nat dari Kemenkes dan alokasi dana hibah yang dianggarkan Dinkes Sidoarjo setiap tahun.

"Bantuan nat dan dana hibah itu guna meningkatkan kinerja jajaran PMI Sidoarjo, agar layanan dan keberadaannya benar-benar dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Disamping itu, tambah Sekda Zaini, PMI Sidoarjo juga  membantu masyarakat dalam mensterilkan lingkungan.

"Yakni, penyemprotan disinfektan di beberapa wilayah di Sidoarjo secara rutin dengan berbagai cara, bantuan dari PMI Jatim dan banyak pihak, agar lingkungan masyarakat tetap sehat," terang mantan Kepala Bappeda Sidoarjo ini.

Usai sambutan, Sekda Zaini, didampingi Asisten I Setda, HM. Ainur Rahman, Kadinkes, drg. Syaf Satriawarman, Kadisdikbud, H. Asrofi dan KaBPBD, H. Dwijo Prawito memotong tumpeng.

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga