Sekdaprov Sulteng Buka PEDA KTNA ke IX Tingkat Provinsi

Morowali, Akuratnews.com - Sekda Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) membuka kegiatan Pekan Daerah Kontrak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) ke-IX tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Lapangan Wita Mori desa Beteleme, Kecamatan Lembo Kabupaten Morowali Utara (Morut), Rabu (11/09/2019).

Dalam sambutannya, Sekdaprov DR. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M. Si, menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Sulteng yang diawali dengan permohonan maaf karena ketidak hadiran Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng diacara pembukaan PEDA KTNA IX tingkat propinsi Sulteng tahun 2019 di Morut.

"Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tahun 1991 secara periodik dan saat ini dilaksanakan di Kabupaten Morowali Utara. Acara ini bertujuan untuk saling berkomunikasi dan berinovasi antar petani dan nelayan se- Sulteng," ucap Hidayat Lamakarate.

Dikatakannya, pemerintah harus memperhatikan para petani dan nelayan, mengingat komoditi saat ini yang mengalami anjlok harga. Para petani dan nelayan diminta untuk menyampaikan keluhan-keluhan kepada pemerintah guna mencari solusi.

"Momentum PENAS di Padang Propinsi Sumatra Barat tahun 2019, kita manfaatkan untuk menyampaikan semua permasalahan kepada pemerintah pusat. Para penyuluh agar selalu memberikan bimbingan kepada para petani dan nelayan agar dapat menjadi lumbung pangan," kata Sekdaprov, Hidayat Lamakarate.

Ia menambahkan, ketika ibu kota negara dipindahkan ke propinsi Kalimantan Timur, maka Sulteng sangat berpotensi menjadi propinsi penyanggah pangan nasional. "Sehingga diharapkan, melalui kegiatan ini, dapat memicu pembangunan di Kabupaten Morowali Utara dan Propinsi Sulawesi Tengah," tandasnya.

Usai menyampaikan sambutan Gubernur, Sekdaprov Hidayat Lamakarate melakukan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya PEDA KTNA IX. Dan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada aparat dan petani berprestasi, lounching produk peternakan asal Morut serta temu wicara.

Perlu diketahui, selain dihadiri Sekdaprov Sulteng, kegiatan tersebut dihadiri pula Bupati Morut, Bupati Morowali, Waka Polres Morut, OPD se-Morut,
f. Ketua dan anggota DPRD Kab. Morowali Utara, Ketua DPRD dan anggota se-Sulteng, Wakil Bupati Toli-Toli, Sekdakab se-Sulteng, Kadis Pertanian dan kontingen kabupaten/kota sebanyak 1.450 orang.

Penulis: Wardi Bania
Editor: Redaksi

Baca Juga