Sekjen Satria Hanura: Pers Memiliki Tanggung Jawab Dalam Mengawal Demokrasi

Sekjen Satria Hanura, Swastiningsih

Jakarta, Akuratnews.com – Hari Pers Nasional (HPN) kembali dihelat di tahun 2017 dengan mengusung tema “Pers dan Rakyat Maluku Bangkit dari Laut”. Hari Pers Nasional diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 9 Februari.

Pers Indonesia, menurut Sekjen Satria Hanura, Swastiningsih, adalah salah satu pilar demokrasi yang sangat berperan dalam perjalanan sejarah perjuangan dan pembangunan bangsa.

Swastiningsih berharap pers dapat menjadi bagian dari demokrasi yang mencerahkan dan mampu mencerdaskan bangsa.

“Bangsa akan maju kalau pers menjadi bagian yang demokratis, selain itu juga pers sebagai check and balances, mampu menyajikan berita secara objektif dan berimbang,” kata Swastiningsih kepada Akuratnews.com, di Jakarta, Kamis. (09/02/17).

Wanita yang berprofesi Dosen Komunikasi di Universitas Nasional (UNAS) ini mengatakan, di tengah suasana politik yang sedang hangat menjelang berbagai perhelatan dan kontestasi politik, masyarakat menginginkan pers sebagai jembatan informasi yang mencerahkan dan mencerdaskan.

Lanjut dia, di era demokrasi ini, pers sangat memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dalam mengawal demokrasi dan pembangunan.

“Jadi, yang utama pers harus bebas dari pengaruh kelompok dan kekuasaan, dan jangan sampai kehilangan objektivitasnya,” ujar Swastiningsih.

Dia mendorong agar pers konsisten melaksanakan fungsinya sebagaimana dimandatkan oleh Undang Undang Pers, seperti fungsi informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.

“Pers turut serta dalam membangun kehidupan bangsa, serta mengontrol berbagai penyimpangan yang tidak sejalan dengan pembangunan, dan mengilhami solusi bagi segala persoalan,” tegasnya. (Ahyar)

Penulis:

Baca Juga