Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Sektor Hiburan Masih Stop, Empat Organisasi Seniman Terima 500 Paket Sembako

Jakarta, Akuratnews.com - Wabah pandemi Covid-19 belum berakhir. Krisis yang diakibatkan pandemi ini masih membayang di semua lini kehidupan bangsa. Bahkan sektor bisnis hiburan hingga saat ini masih stop alias berhenti total.

Oleh karenanya, organisasi Generasi Lintas Budaya Merawat Lingkungan (GLBML) bersama lembaga Tinggi Negara, seperti MPR RI, Kemeninfo, TVRI mencoba membantu menanggulangi imbas dari krisis pandemi ini lewat donasi 500 paket sembako.

Empat kelompok, masing-masing Seniman Pekerja Seni Mitra LPP, Forum Wartawan Hiburan (FORWAN), Pensiunan Drama Musik LPP TVRI dan Komunitas Musisi Cafe Jakarta, serta seniman lain yang terdampak pandemi Covid 19 menjadi sasaran donasi kali ini.

Ketua Yayasan Generasi Lintas Budaya Merawat Lingkungan Hidup, Olivia Zalianty menjelaskan, donasi bagi para seniman akan terus berlanjut mengingat pandemi Covid-19 ini masih belum diketahui kapan berakhir.

"Kami masih menerima dan membagikan donasi yang diberikan dari berbagai donatur. Hari ini kami salurkan 500 paket sembako kepada seniman yang terdampak pandemi ini sudah kesekian kalinya. Namun, rasanya masih banyak sekali yang belum terjangkau bantuan ini," ujar Olivia saat Penyerahan Donasi Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo Bersatu Melawan Corona di TVRI Pusat, Jakarta, Senin, (27/7).

Olivia menambahkan, deretan seniman begitu berdampak dan banyak yang mengalami penurunan bahkan tak mempunyai pendapatan sejak adanya Covid-19. Hal itu terjadi lantaran tak ada lagi produksi syuting, pameran, hingga panggung teater yang aktif selama pandemi ini.

Di kesempatan yang sama, Ketua MPRI, Bambang Soesatyo tidak menampik bahwa kondisi pandemi Covid-19 saat ini berpengaruh pada semua sektor kehidupan masyarakat termasuk industri hiburan dan kesenian Tanah Air.

"Saya melihat pekerja seni, seniman itu tak bisa dikesampingkan begitu saja karena seniman jadi benteng terakhir dalam pelestarian budaya kita, menjaga keindonesiaan kita untuk terus bertahan dari benturan zaman dan pengaruh dari luar," tuturnya.

Politisi Partai Golkar ini pun berharap bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban seniman atau pekerja kreatif dalam dunia hiburan yang pendapatan berkurang atau bahkan tak punya pendapatan sama sekali karena pandemi.

Terkait acara Donasi Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo Bersatu Melawan Corona ini, Direktur TVRI, Iman Brotoseno mengatakan ini juga sebagai bentuk perhatian TVRI bersama sejumlah pihak lain untuk seniman yang terdampak pandemi Covid-19.

"Semoga bantuan yang tak seberapa ini bisa bermanfaat buat para seniman dan menumbuhkan rasa solidaritas dan persaudaraan bagi pihak lain untuk melakukan hal yang sama buat para pelaku seni budaya," ujar Iman Brotoseno.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga