Selamat! Di Tangan NSAP, Sekar Banyu Segera Jadi Desa Satelit

AKURATNEWS - Guna menjadikan Desa Sekar Banyu di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang menjadi Desa Satelit, Koperasi Sekar Banyu Mandiri dan Rumah Kreatif SMK 17 Agustus Kota Batu menandatangani sebuah kesepakatan kerja sama.

Penandatanganan kerja sama yang diinisiasi Nur Setia Alam Prawiranegara & Partner (NSAP) ini dilakukan di Rumah Kreatif, salah satu unit usaha yang dimiliki SMK 17 Agustus, Beji, Kota Batu, Jawa Timur.

Penandatanganan kesepakatan kerja sama dalam bidang pelatihan, produksi dan distribusi The Coffe Sekar Banyu ini dilakukan Kepala Sekolah SMK 17 Agustus, Ulul Azmi, Ketua Koperasi Sekar Banyu, Slamet dan Kuasa Hukum Koperasi Sekar Banyu, Nur Setia Alam Prawiranegara di Aula Rumah Kreatif, Sabtu (22/1/2022).

“Kita siapkan Desa Satelit lewat kerja sama ini, ada dua poin yang kita siapkan untuk Desa Sekar Banyu, yakni mengangkat potensi sumber daya alam (SDA) dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM), itu yang sedang kita besut,” ujar Nur Alam.

Dilanjutkan Nur Alam, pada 7 Desember 2021, Koperasi Sekar Banyu Mandiri memberikan kuasa kepada Nur Setia Alam Prawiranegara & Partner untuk pemohonan lahan.

“Kami sudah mendapatkan lahan yang tidak beririsan dengan PTPN, Perhutani mau pun Puskopad karena memang tanah negara, dari situ kami mengajukan permohonan,” ujarnya.

Rencananya pada Selasa (25/1/2022) mendatang, pihaknya akan melakukan pemaparan lahan yang akan dipergunakan untuk perkebunan tersebut kepada Muspida Kabupaten Malang.

Termasuk di dalamnya terkait mengangkat potensi produk alam Kopi Desa Sumber Banyu yang menggagas kopi teratai yang dipergunakan untuk kosmetika serta berbagai produk lainnya.

Karena itulah hal ini harus diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia dengan menjadikan warga Desa Sekar Banyu memiliki kreatifitas, inovasi, milineal dan nasionalis. Guna mewujudkan hal tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Rumah Kreatif.

“Kita akan lakukan percepatan kemajuan desa bersama-sama dengan Rumah Kreatif,” ujarnya.

Terpisah, Ulul Azmi menjelaskan mendukung kerja sama ini, pihaknya membuat kelas jauh untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada anak-anak Desa Sekar Banyu untuk bersekolah di desanya.

“Kita buat kelas jauh mengirimkan tim sesuai yang terjadwal untuk mengajar ke sana. Itu dari sisi anak, dari sisi orang tuanya, Rumah Kreatif berperan pada ketrampilan lain serta pemanfaatan potensi alam disana,” ujarnya.

Contohnya, ketika ada keluhan terkait pemasaran kopi dan warga menginginkan tidak melalui tengkulak. Rumah Kreatif akan melakukan pendampingan untuk meningkatkan nilai tawar melalui koperasi.

“Kita akan melatih SDM disana untuk membuat pemasaran digital dan membuka akses dengan platform digital lainnya untuk Koperasi Sekar Banyu Mandiri,” ujarnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga