Selamat Hari Statistik Nasional 2021

Selamat Hari Statistik Nasional 2021
Selamat Hari Statistik Nasional 2021

AKURATNEWS - Hari Statistik Nasional (HSN) diperingati pada tanggal 26 September. Pada tahun 2021, perayaan HSN juga tepat menginjak usia ke-26 tahun.

Peringatan HSN ini bermakna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya statistik, meningkatkan peran serta masyarakat dalam statistik, dan mendorong para pelaku statistik agar terus melakukan kegiatan statistik sesuai kaidah yang berlaku.

Dengan mengangkat tema “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, mampu menjawab perkembangan zaman dengan hadirnya data statistik berkualitas yang mendorong Indonesia agar dapat tangguh dan tumbuh di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Pemanfaatan big data merupakan salah satu jawaban tantangan dari perkembangan zaman pada era transformasi digital saat ini. Hal tersebut dilakukan dengan optimalisasi big data sebagai alternatif sumber data baru sehingga dapat menjadi pelengkap dari official statistics yang dihasilkan dari setiap kegiatan, baik itu survei maupun sensus. Big data dapat mendorong penyediaan data statistik berkualitas agar lebih cepat, lebih detail, dan bervariasi.

Komunitas statistik dunia secara resmi telah mengakui potensi Big Data. Pada Maret 2014, Komisi Statistik PBB membentuk Global Working Group (GWG) yang diberi mandat agar memberikan arahan, visi, dan berkoordinasi strategis terkait program dunia dalam pemanfaatan Big Data untuk official statistics.

Sejak tahun 2015, Badan Pusat Statistik (BPS) telah melakukan inisiatif pengembangan big data. Adapun inplementasi big data di Badan Pusat Statistik (BPS), seperti pemanfaatan Mobile Positioning Data (MPD) untuk mendukung estimasi jumlah wisatawan mancanegara, khususnya pada border area, kemudian mengalami perkembangan untuk event analysis seperti Asian Games 2018, pergerakan wisatawan nasional (Tourism Statistics), pergerakan wisatawan nusantara, memantau mobilitas pelaku komuter, serta mendukung penyusunan delineasi Metropolitan Statistical Area; Citra satelit yang berguna dalam kegiatan Kerangka Sampel Area; Inisiatif Kecerdasan Artifisial (Artificial Intelligence); dan kegiatan statistik lainnya yang merupakan bagian dari pengimplementasian percepatan proses bisnis statistik di Badan Pusat Statistik (BPS) agar dapat mendukung official statistics.

Hari Statistik Nasional ini bukan hanya diperingati oleh Badan Pusat Statistik (BPS), melainkan juga oleh seluruh insan statistik di Indonesia. Peringatan HSN bukanlah hari jadi Badan Pusat Statistik (BPS), tetapi merupakan hari diundangkannya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik.

Selamat Hari Statistik Nasional Tahun 2021. Semoga akan selalu ada semangat HSN dalam perjuangan para statistisi untuk menyediakan data statistik yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia Tumbuh.***

Baca Juga