Masuki Masa Tenang

Seluruh APK Pemilu 2019 Mulai Dibersihkan

Jakarta, Akuratnews.com - Seluruh alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 yang terpasang di wilayah DKI Jakarta mulai dibersihkan. Pembersihan dilakukan karena hari ini sudah masuk masa tenang seusai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Mulai dibersihkan hari ini sejak tengah malam sekitar pukul 00.05 WIB," kata Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta Muhammad Jufri seperti dikutip dari Antara, Minggu, (14/04/2019).

Menurut dia, pihaknya telah memulai pembersihan dari Bundaran Hotel Indonesia (HI). Tim kemudian menyebar ke semua wilayah di pelosok Ibu Kota.

"Ditargetkan rampung secepatnya. Untuk malam ini, difokuskan pada seluruh jalan protokol di Jakarta," ucap Jufri.

Jalur protokol sepanjang Sudirman-Thamrin, HR Rasuna Said, Menteng Raya, dan Jalan Raya Tebet sudah mulai bersih dari APK kampanye. Kasatpol PP Kecamatan Tebet Komarudin mengatakan target pembersihan di jalan protokol di wilayahnya rampung malam ini.

"Maksimal sampai malam ini. Nanti diserahkan ke posko panitia pengawas pemilu (panwaslu) di kecamatan," jelas dia.

Pihaknya menurunkan 75 personie dari Satpol PP, Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup, Sudin Bina Marga, Sudin Sumber Daya Air, dan Suku dinas Perhubungan (Sudinhub). Mereka dilengkapi dengan tujuh truk pengangkut untuk pembersihan di jalan protokol.

"Dibagi menjadi dua tim, ada yang menyisir jalur protokol Tebet Raya dan yang menyisir batas luar Kecamatan. Pagi ini kami targetkan hingga subuh. Baru nanti dilanjutkan jam 11 siang," terang Komarudin.

Masa kampanye terbuka Pemilu 2019 berakhir pada Sabtu, 13 April 2019. Agenda Pemilu 2019 dilanjutkan dengan masa tenang hingga pemungutan suara pada 17 April 2019.

Masa tenang diberikan dengan harapan masyarakat bisa memikirkan calon pilihannya dengan lebih baik tanpa banyak ganggungan. Dengan begitu, masyarakat sudah mantap dengan pilihannya saat menuju tempat pemungutan suara (TPS).

Pencoblosan pemilu akan dilaksanakan pada 17 April 2019. Pemilu kali ini pun terasa spesial karena menjadi momen pertama kalinya warga memilih secara serentak para wakilnya di Parlemen dan presiden dan wakil presiden untuk lima tahun ke depan.

Penulis:

Baca Juga