Semenanjung Korea Memanas, Korea Utara Tembakan Dua Rudal Balistik Terbaru

Rudal Korea Utara yang ditembakan di luar laut Jepang. (foto Net)

Seoul, Akuratnews.com - Semenanjung Korea kembali memanas setelah Korea Utara kembali meluncurkan rudal balistik jarak pendek. Dalam peluncuran itu, Pyongyang menembakan dua rudal yang jatuh dekat laut Jepang.

Meski jatuh di luar zona ekonomi ekslusif Jepang, namun uji coba itu memicu ketegangan baru di tengah gagalnya pembicaraan denuklirisasi antara Korut dan Amerika Serikat (AS).

Merespon dua tembakan rudal Korut, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan telah memantau uji tembak tersebut. AS juga terus melakukan komunikasi dengan dua sekutunya, Korea Selatan dan Jepang.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan, kedua rudal yang disebutnya sebagai rudal balistik itu tidak mendarat di wilayahnya.

Sementara Kepala Staf Gabungan Korsel menyatakan, kedua proyektil yang ditembakkan oleh Korut adalah proyektil rudal jarak pendek. Proyektil itu meluncur sejauh 370 kilometer dan mencapai ketinggian 90 kilometer. Baik AS maupun Korsel tengah meneliti dan melakukan analisis terperinci atas dua rudal tersebut.

Uji coba rudal balistik jarak pendek yang ditembakan ini merupakan rudal-rudal terbaru Korut dan merupakan uji coba ke-12 dari senjata Pyongyang yang mematikan. (*)

Penulis: Hugeng Widodo
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga