Seminggu Diluncurkan, Pasar KAUMY Direspon Positif

Jakarta, Akuratnews.com - Baru beberapa waktu dibuka, marketplace Pasar KAUMY langsung mendapat respon positif.

Ribuan pengunjung datang setiap harinya ke media jual beli online berbasis komunitas dan jaringan alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini.

"Dalam satu hari, www.pasarkaumy.com dikunjungi ribuan viewers. Semoga kualitasnya bisa selalu dibenahi, alumni terus makin banyak berpartisipasi menjual produknya secara online di marketplace ini. Kita saling menghidupi agar berdaya bersama," ujar Ketua PP Keluarga Alumni UMY (KAUMY), Yogie Maharesi di Jakarta, Minggu (20/9).

Yogie menyebut, di tiga hari hari terakhir, rata-rata pengunjung sudah lebih dari 1.000 viewers.

"Hari ini saja sudah lebih 3.000 viewers. Selain itu, data produk alumni terus masuk. Semoga sejalan dengan itu,  transaksi juga mulai hidup. Beberapa sudah diinfokan jika sudah terjadi transaksi dan juga kolaborasi. Alhamdulillah," papar Yogie.

Dijelaskannya lebih lanjut, PP KAUMY meluncurkan Pasar KAUMY sebagai media jual beli online berbasis komunitas dan jaringan sekitar 40 ribu alumni UMY dan coba hadir di tengah pandemi yang menyebabkan kontraksi ekonomi berkepanjangan dan memukul banyak sektor.

“Ekonomi digital membuka ruang permintaan dan penawaran di masa pandemi. Kami menjawab tekanan ekonomi yang dirasakan termasuk para alumni UMY dengan mengembangkan www.pasarkaumy,com sebagai medium jual beli online bagi para alumni almamater kami,” ujar Yogie.

Pasar KAUMY ini menghimpun produk barang dan jasa para alumni UMY yang sangat bervariasi sehingga memperluas peluang kolaborasi.

“Kami memilih berdaya bersama. Saling membantu dan mendukung usaha sesama alumni di tengah situasi sulit ini. Semua jenis produk barang dan jasa alumni dari berbagai sektor usaha diperjualbelikan secara online,” imbuh Yogie.

PP KAUMY berharap upaya ini nantinya turut membawa dampak positif pada ketahanan ekonomi di masyarakat luas.

“Semakin banyak alumni yang bergabung dan bertransaksi, maka skala ekonomi yang ditimbulkan tentu semakin besar. Manfaatnya tidak hanya bagi alumni, melainkan juga berkontribusi pada pelaku usaha di setiap mata rantai produksi dan distribusi yang dilalui oleh sebuah produk barang dan jasa,” pungkas Yogie

Tak lupa, PP KAUMY pun mengucapkan terima kasih kepada para alumni yang telah mendukung, bergabung dan memberi masukan di marketplace ini. Dan dalam waktu dekat, PP KAUMY juga segera mendirikan koperasi KAUMY.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga