Sempat Vakum, Penerbangan di Bandara Sugimanuru Kembali Dibuka

Bandara Sugimanuru Mubar/ANRA/AKURATNEWS
Bandara Sugimanuru Mubar/ANRA/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Beberapa bulan sempat vakum, aktivitas penerbangan di Bandar Udara (Bandara) Sugimanuru, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali dibuka.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara (KUP) Bandara Sugimanuru, Mohamad Khusnudin mengungkapkan, memasuki Oktober 2021 Bandara Sugimanuru bakal kembali berjalan normal seperti sebelumnya.

Khusnudin menuturkan, akibat pandemi Covid-19 menjadi alasan tidak aktifnya penerbangan di Bandara kebanggaan masyarakat pulau Muna itu.

Dari dua meskapai yang resmi beroperasi di Bandara Sugimanuru, yakni Wings Air dan City Link, baru Wings Air yang nyatakan siap, dengan rute penerbangan Raha-Makassar dan Makassar-Raha.

"Wing Air sudah akan kembali beroperasi tanggal 9 Oktober 2021, dengan jadwal penerbangannya, Selasa, Kamis dan Sabtu. Rute IW 1326 Makasar - Raha pukul 13.20 - 14-15 wita dan IW 1327 Raha - Makasar pukul 14.40 - 15.35 wita," terang Khusnudin baru-baru ini.

Khusnudin menghimbau bagi para calon penumpang yang berencana melakukan penerbangan melalui Bandara Sugimanuru untuk melengkapi dokumen sesuai persyaratan perjalanan dengan menggunakan pesawat udara.

Selain itu masih kata dia, penumpang yang terbang dari Bandara Sugimanuru tujuan Makasar yang masuk kategori PPKM level 1 dan 2 diwajibkan menyertakan kartu vaksin pertama dan rapid tes PCR negativ 2 x 24 jam dan kartu vaksin lengkap rapid tes antigen negatif 1x24 jam.

"Sedangkan dengan tujuan Jakarta (pulau Jawa) PPKM level 3 dan 4, itu wajib Test PCR , vaksin dosis pertama 1 x 24 jam dan vaksin lengkap 2x24 jam," pungkas Khusnudin.***

Penulis: Anra

Baca Juga