Seniman Cakung Barat Bantu Pemerintah Sosialisasikan Covid-19 Lewat Mural

Jakarta, Akuratnews.com - Sejumlah seniman mural di Cakung Barat, Jakarta Timur mengekspresikan diri di tengah pandemi COVID-19 yang tengah mewabah lewat karya mural serta grafiti.

"Ada belasan pemuda yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, mereka mengekspresikan diri lewat karya-karya mural atau grafiti," ujar inisiator kegiatan tersebut FAJAR ALVARISI.

Fajar yang juga inisiator Bale Buku Jakarta" dan bekerjasama dengan Gugus Tugas RW 003 Kelurahan Cakung Barat ini menambahkan ada tema tertentu yang diusung dalam mural bersama tersebut yang pada masa pandemi ini disosialisasikan lewat 3M dalam bentuk visual yaitu mural kepada masyarakat.

"Kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan hal lainnya tentu berpengaruh ke aktivitas, pola pikir, serta ide karya, ini yang coba diekspresikan," imbuh pria yang akrab disapa Bang Faris ini saat akuratnews.com wawancarai pada (11/10)

Pembuatan mural serta grafiti dilakukan di atas media tembok yang terdapat di Jalan Pahlawan Komarudin RW 03 Cakung Barat.

Ada beragam objek yang digunakan para pemural dalam gambarnya seperti manusia, masker, virus, dan lain-lain dengan warna yang berbeda-beda.

Gambar-gambar berskala besar yang digoreskan tangan para seniman berhasil mencuri perhatian warga yang melintas di kawasan setempat.

Setidaknya masing-masing muralis yang berlatar belakang berbeda beda akan menggarap media dinding sekitar 2,5 meter.

Selain itu, mural bersama juga menjadi wadah silaturahim antar pemuda dan muralis juga masyarakat sekitar, serta penyegaran setelah beberapa waktu belakangan hanya berkegiatan di rumah tanpa tatap muka.

Fajar menerangkan bahwa pengerjaan mural sudah berlangsung sejak hari Jumat (8/10) dan akan berakhir pada Minggu (11/10) sekitar pukul 18.00 WIB.

"Berkegiatan di luar secara bersama-sama punya kesan tersendiri, karena ada interaksi yang terjadi antar masyarakat serta interaksi dengan lingkungan," jelasnya.

Baca Juga