Senyum Janda Ini Mengembang, Terima Rp20 Juta Dana Rehab Rumah

Wabup Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin (3 dari kanan) didampingi Wakil Ketua III Baznas Sidoarjo, H. Ilhamuddin (2 dari kanan) dan sejumlah pihak dari lembaga amil zakat di Sidoarjo saat menyerahkan bantuan dana rehab rumah kepada Saini (3 dari kiri), warga Sambungrejo, Sukodono, Sidoarjo. (foto: dok Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Mendadak senyum janda ini mengembang, seakan tak kuasa menahan rasa haru bercampur suka cita, karena pembangunan rumahnya bakal dilanjutkan hingga selesai.

Itulah senyuman Saini (67), warga Sambungrejo, Sukodono, Sidoarjo yang kesehariannya bekerja sebagai pengasuh anak tetangga, saat menerima bantuan dana rehab rumah sebesar Rp20juta yang diserahkan Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin, didampingi Wakil Ketua III Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sidoarjo, H. Ilhamuddin dan sejumlah pihak lembaga amil zakat lainnya di Sidoarjo, Rabu (25/9/2019).

Bantuan nominal Rp20juta itu berasal dari Baznas Sidoarjo kerja sama sejumlah lembaga amil zakat lainnya sebesar Rp17,5 juta, kemudian ditambah Rp2,5juta dari kantong pribadi Cak Nur, sapaan akrab Wabup Nur Ahmad Syaifuddin.

"Saya harap kucuran bantuan terus mengalir, tak hanya Rp20juta, juga saya mohon Baznas bersama lembaga amil zakat lainnya untuk membangun rumah Bu Saini sampai bangunannya bisa ditempati. Saya minta laporan progresnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Cak Nur menuturkan, kerja sama urusan kebaikan seperti yang dilakukan ini bersifat wajib dan perlu ditunjukkan agar menjadi teladan bagi yang lain.

"Berlomba-lomba dalam kebaikan, hidup akan mulia. Termasuk, mau berbagi dengan sesama ini. Alhamdulillah, sekarang banyak yang hadir, berarti semua ikut memikirkan dan peduli," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua III Baznas, Ilhamuddin menjelaskan, Baznas merupakan koordinator lembaga amil zakat di Sidoarjo. Pihaknya mengajak sejumlah kembaga amil zakat itu bersinergi dalam program bantuan rehab rumah bagi warga kurang mampu dan kursi roda celebral palsy untuk penderita lumpuh otak.

"Sejumlah lembaga amil zakat di Sidoarjo sangat kompak. Ketika saya ajak merealisasikan program rehab rumah, mereka bersemangat untuk menyumbang," katanya.

Sejumlah lembaga amil zakat di Sidoarjo itu, diantaranya, Yatim Mandiri, Dompet Amanah Rumah, Bakrie Mandiri Amanah, Yayasan Dana Sosial Al-Falah, Lazismu, Nurul Hayat, LMI dan Baitul Maal Hidayatullah.

Menanggapi pemberian bantuan dana rehab rumah tersebut, Saini, yang kesehariannya bekerja sebagai pengasuh anak tetangga ini, menyambut gembira.

Diakuinya, rumah berukuran 5 x 9 yang dibangun dari hasil keringatnya itu baru terpasang pondasi selama ini, karena dirinya tak memiliki biaya untuk meneruskan pembangunannya. Kondisi bangunan pun mangkrak.

"Tetangga saya tergerak membantu saya secara swadaya dalam pengerjaan bangunan rumah saya selama dua bulan, dikoordinir Pak Samsudin, tokoh masyarakat setempat," katanya.

Karena bangunan mangkrak, sambung Saini, Samsudin mengajukan permohonan ke Baznas. "Alhamdulillah, permohonan yang diajukan Pak Samsudin diterima Baznas," pungkasnya. (*)

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga