Internasional

Serang Rusia, Biden Setuju Kirim Bantuan Roket Jarak Jauh untuk Ukraina

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden telah menyetujui untuk menyediakan sistem roket jarak jauh yang canggih kepada Ukraina.
Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden telah menyetujui untuk menyediakan sistem roket jarak jauh yang canggih kepada Ukraina.

AKURATNEWS - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden telah menyetujui untuk menyediakan sistem roket jarak jauh yang canggih kepada Ukraina.

Sebelumnya Biden sempat menolak memberi bantuan roket jarak jauh yang mampu menjangkau wilayah Rusia itu.

Sistem roket tersebut merupakan bagian dari paket persenjataan senilai 700 juta dolar AS (sekitar Rp10,19 triliun), yang diperkirakan akan diumumkan pada Rabu waktu setempat.

Amerika Serikat, kata para pejabat tinggi AS, menyediakan Ukraina sistem roket artileri dengan mobilitas tinggi, yang bisa mengenai target sejauh 80 kilometer secara akurat.

Kesediaan itu, kata mereka, diambil setelah Ukraina memberi "jaminan" bahwa negara tersebut tidak akan menggunakan rudal-rudal itu untuk melancarkan serangan di dalam Rusia.

Sebelumnya pada Selasa, 31 Mei 2022, dalam surat kabar New York Times, Biden mengatakan invasi Rusia ke Ukraina akan diakhiri melalui diplomasi.

Tapi, kata Biden, Amerika Serikat harus menyediakan persenjataan dan amunisi penting untuk memungkinkan Ukraina memiliki posisi tawar terkuat di meja perundingan.

"Karena itu saya memutuskan bahwa kita akan menyediakan bagi Ukraina sistem roket yang lebih canggih beserta persenjataan yang memungkinkan mereka membidik target-target utama secara tepat di medan pertempuran di Ukraina," tulis Biden, dilansir dari Antara pada Kamis Juni 2022.

Paket persenjataan tersebut mencakup amunisi, radar penangkal tembakan, sejumlah radar pengintaian udara, tambahan rudal-rudal antitank Javelin, serta persenjataan antibaja, kata para pejabat.

Biden pada Selasa, 31 Mei 2022 mengatakan kepada para wartawan bahwa Amerika tidak akan mengirimkan ke Ukraina.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Sumantri Kalimantoro
Editor: Ahyar

Baca Juga