oleh

Kemendagri Sebut Empat Aspek Penting Pemilu

Bogor, Akuratnews.com – Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum menyelenggarakan Forum Dialog bagi Partai Politik, Lembaga Demokrasi dan Aparatur yang diselenggarakan pada 4 Februari 2019 bertempat di Padjajaran Suites Resort & Convention Hotel, Kota Bogor.

Kegiatan bertema tema ‘Membangun Kesadaran Politik Masyarakat Dalam Rangka Sukses Pemilu Serentak 2019 Aman dan Damai’  ini dibuka langsung oleh  Sekretaris Ditjen Politik dan Pemeritahan Umum Kemenagri, Didi Sudiana.

Dalam sambutannya, Didi mengatakan Pemilu sebagaimana di amanatkan pasal 2 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum harus dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Tentunya hal ini dapat tercapai apabila seluruh komponen bangsa saling bahu-membahu dan mendukung dalam pelaksanaan setiap tahapan pemilu sesuai dengan kewenangannya yang didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan tetap memperhatikan penghormatan hak-hak politik setiap warga negara

Didi menjelaskan, bahwa makna pemilu dalam sebuah negara demokrasi dapat dilihat dari 4 Aspek.

Pertama, Aspek Politis dapat dilihat melalui keberhasilan pemilu menjadi tolak ukur pemerintah, pemerintah daerah, penyelenggara pemilu dalam membangun kehidupan demokrasi di daerah dan nasional.

Kedua, Aspek Sosial Politik di mana pemilu harus dijadikan sebagai ajang pendidikan politik dan diupayakan mampu menciptakan budaya masyarakat yang santun, tertib dan bermartabat dalam setiap tahapan pemilu tersebut.

Ketiga, Aspek Hukum, dilihat dari sudut pandang hukum pemilu merupakan landasan yuridis bagi terpilihnya wakil rakyat dan pemimpin dalam hal ini Presiden dan Wakil Presiden yang dipilih oleh masyarakat secara legitimate.

Keempat, Aspek Hankam di mana terciptanya situasi dan kondisi yang aman, tenteram dan tertib sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat tidak terganggu.

Dalam forum dialog tersebut peserta tampak antusias dalam mengikuti jalannya acara. Pada akhir sambutannya, Didi Sudiana juga menghimbau kepada seluruh peserta baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, partai politik dan kadernya serta stakeholder terkait harus saling bersinergi dan berperan aktif dalam upaya meningkatkan kehidupan demokrasi serta dalam menjaga kondusivitas sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu Serentak Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019. (Zul).

Loading...

Komentar

News Feed