Sesuai UU ASN, Pemkab Sidoarjo Gunakan Merit untuk Kompetensi PNS

Bupati Saiful Ilah (foto: dok. Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Sebagai wujud komitmen pelaksanaan program percepatan reformasi birokrasi berupa mutasi dan promosi jabatan pegawai negeri sipil (PNS) secara kompetitif dan terbuka, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo menerapkan sistem 'Merit'.

Hal itu dikemukakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo, Ridho Prasetyo dalam sambutannya, saat menyelenggarakan kegiatan bertajuk "Penilaian Kompetensi Teknis bagi Pimpinan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Sidoarjo", bertempat di ruang Computer Based Test (CBT) Kantor BKD Sidoarjo, Selasa (15/9/2019).

"Sistem merit merupakan kebijakan dan manajemen aparatur sipil negara (ASN) berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan faktor politik, ras, agama, asal-usul, jenis kelamin, status pernikahan, usia dan kondisi kecacatan," jelasnya.

Ditambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk penyusunan peta talenta para pejabat pimpinan pratama Pemkab Sidoarjo.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah yang berkempatan hadir dalam kegiatan tersebut, menuturkan, manajemen karir ASN  diterapkan dengan sistem merit itu amanat UU nomor 5/2014 tentang ASN.

Kompetensi jadi pertimbangan utama dalam pengembangan karir, meliputi tiga hal, yaitu manajerial, teknisi dan kultural. Kompetensi ini diukur melalui assessment. Selain itu, perlu ditekankan pula, faktor integritas dan moralitas, memiliki makna luas pengelolaan kebijakan dan loyalitas dalam menjalankan tugas. Mengingat, ASN adalah perencana sekaligus pelaksana kebijakan berbasis aturan.

"Selanjutnya, mengembangkan diri meningkatkan kompetensi dan daya saing, agar kita dapat lebih kompetitif sesuai tuntutan kebutuhan masyarakat, pengawasan dan langkah-langkah perbaikan sebagai prasyarat utama menyukseskan pembangunan untuk mewujudkan Kabupaten Sidoarjo yang inovatif, sejahtera, mandiri dan berkelanjutan," ujarnya.

Kegiatan penilaian kompetensi ini diikuti 29 dari 31 pimpinan pejabat tinggi pratama Pemkab Sidoarjo. Sedangkan, tenaga assessor adalah para Psikolog dari kalangan akademisi dan tenaga ahli assesor dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

'Merit' sendiri dalam Kamus bahasa Indonesia artinya 'manfaat', 'keunggulan', 'berguna', atau 'kebaikan'. (*)

Baca Juga