Hampir Setahun Buron, Terpidana Korupsi Ditangkap

Akurat - Darmawan Terpidana Korupsi Medan
Akurat - Darmawan Terpidana Korupsi Medan

Medan, Akuratnews.com - Terpidana korupsi kasus proyek alat penangkap ikan Pemerintah kota Medan, Darmawan (45) yang diburon hampir setahun lalu berhasil diringkus tim Intelejen Kejati Sumut, Minggu (22/7/2018).

Dari rumah kontrakannya di kawasan Jalan Seroja Gang Lentera, Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Darmawan berhasil diciduk berdasarkan informasi masyarakat yang menyebutkan Darmawan berada di lokasi. Selama ini, Darmawan kerap berpindah-pindah tempat.

“Darmawan merupakan terpidana dalam tindak pidana korupsi pada Kegiatan Pengadaan Sarana dan Alat Penangkap Ikan pada Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan Tahun Anggaran 2014,” kata Kepala Kejari Belawan Yusnani.

“Tim intelijen dipimpin Asintel Leo Simanjuntak kemudian melakukan pengintaian dan berhasil membekuk Darmawan di rumah kontrakan yang baru ditempati selama 7 hari. Dia ditangkap tanpa perlawanan dan diboyong ke Kejati Sumut untuk proses administrasi terlebih dahulu,” ungkapnya.

Selanjutnya, terpidana langsung dibawa Kejari Belawan ke Lapas Tanjung Gusta untuk menjalani masa hukumannya.

Untuk diketahui, Mahkamah Agung pada 6/9/2017, telah menjatuhkan 4 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsidair 6 bulan kepada Darmawan. Namun saat akan dieksekusi, dia menghilang. Darmawan merupakan Direktur CV Karya Nusantara. Ada 4 orang terdakwa dalam kasus korupsi ini. (HSP)

Penulis:

Baca Juga